Permainan Tenis Meja

Permainan tenismeja sudah populer di Inggris sejak abad ke 19 dengan nama pingpong, gossima dan whiff whoff kemudian berubah nama menjadi table tennis atau tenismeja. Pada Pekan Olahraga nasional (PON) pertama di Solo tenismeja sudah dipertandingkan.


Bentuk Lapangan Tenis Meja

Lapangan atau tempat bermain tenis meja berbentuk meja dengan ukuran dan ketentuan tertantu.
Lihat gambar berikut ini :



Itulah bentuk lapangannya.

Bet

Bet adalah pemukul bola dalam tenis meja, ibarat raket dalam permainan bulutangkis. Dari wikipedia bet memiliki syarat sebagai berikut :
01. Ukuran, berat dan bentuk raket tidak ditentukan, tetapi daun raket harus datar dan kaku.
02. Daun raket minimal 85 % terbuat dari kayu diukur dari ketebalannya; lapisan perekat di dalam kayu dapat diperkuat dengan bahan yang berserat seperti serat karbon (carbon fibre) atau serat kaca (glass fibre) atau bahan kertas yang dipadatkan, namun bahan tersebut tidak boleh lebih dari 7,5 % dari total ketebalan atau berukuran 0,35 mm, yang lebih tipis yang dipakai sebagai acuan.
03. Sisi daun raket yang digunakan untuk memukul bola harus ditutupi oleh karet licin/halus maupun bintik, bila menggunakan karet bintik yang menonjol ke luar (tanpa spons) maka ketebalan karet termasuk lapisan lem perekat tidak boleh lebih dari 2.0 mm, atau jika menggunakan karet lapis (karet + spons) dengan bintik di dalamnya menghadap keluar atau ke dalam maka ketebalannya tidak boleh lebih dari 4.0 mm sudah termasuk dengan lem perekat.
04. Pada permulaan permainan dan kapan saja pemain menukar raketnya selama permainan berlangsung, seorang pemain harus menunjukkan raketnya pada lawannya dan pada wasit dan harus mengijinkan wasit dan lawannya untuk memeriksa/ mencobanya.

Sumber lain mengatakan sisi bet berwarna merah dan hitam.






Bola

Bola tenis meja berdiameter 40 mm berat 2,7 gram. Pada mulaya diharuskan berwarna putih beberapa waktu kemudian warna bola diperboehkan dengan warna lain biasanya warna oranye dan terbuat dari bahan selulosa yang ringan.

Pantulan bola yang baik apabila dijatuhkan dari ketinggian 30,5 cm akan menghasilkan ketinggian pantulan pertama antara 23–26 cm. Pada bola tenis meja biasanya ada tanda bintang dari bintang 1 hingga bintang 3, dan tanda bintang 3 inilah yang menunjukan kualitas tertinggi dari bola tersebut dan biasanya digunakan dalam turnamen-turnamen resmi.


Variasi Berbain Tenis Meja


Setelah mengetahui bagian - bagainnya berikut adalah variasi permainan tenis meja.


Variasi Servis Forehand dan Backhand 

Perhatikan gambar - gambar berikut ini

Berlatih Servis forehand dan backhand lurus




Servis forehand dan backhand menyilang garis lapangan





Servis forehand dan backhand ke arah teman



Baiklah itulah yang bisa MaoliOka bagikan dalam olahraga permainan tenis meja. Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel