Pertandingan - Pertandingan Internasional Yang Penting Dalam Olahraga Bulu Tangkis

Bulutangkis memiliki sejarah yang cukup unik dan juga merupakan olahraga yang cukup dibanggakan dalam negeri ini karena anak bangsa sudah banyak yang menorehkan prestasi yang luar biasa di bidang olahraga bulutangkis ini.

Sejarah Singkat Bulu Tangkis

Sebelum membahas Pertandingan - Pertandingan Internasional Yang Penting Dalam Olahraga Bulu Tangkis alahkah baiknya menyimak sejarah singkatnya terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut.

Bulutangkis berasal dari permainan vang bernama Poona dan berasal dari India. Oleh beberapa pewira tentara kerajaan Inggris yang menjajah India pada waktu itu, pernainan ini dibawa ke Inggris dan dikembangkan di sana.

Pada tahun 1873, permainan ini dimainkan di taman istana milik Duke de Beaufort di Badminton Gloucester Shore, hingga karenanya permainan ini kemudian diberi nama badminton. Badminton atau bulutangkis kemudian berkembang dibanyak negara dan masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Belanda. Karena sudah cukup luas perkembangannya, maka perlu didirikan organisasi internasional untuk mengatur kegiatan bulutangkis internasional dan diberi nama International Badminton Federation (IBF) pada tanggal 5 Juli 1934, yang beranggotakan persatuan-persatuan bulutangkis dari beberapa negara. Di Indonesia, dibentuk organisasi induk tingkat nasional yaitu Persatuan Bulutangkis Seluruh Indoncsia(PBSl) pada tanggal 5 Mei 1951. Kemudian pada tahun 1953, Indonesia menjadi anggota IBF dan dengan demikian berhak untuk mengikuti pertandingan-pertandingan internasional.




Pertandingan - Pertandingan Internasional Yang Penting Dalam Olahraga Bulu Tangkis

Adapun pertandingan-pertandingan internasional yang penting adalah sebagai berikut ini

a. Kejuaraan All England

Merupakan kejuaraan perorangan dan telah diadakan sejak permulaan abad ke-20. Hingga kini merupakan arena pertandingan yang paling menarik dan diikuti oleh hampir semua pemain terbaik dunia.

b. Kejuaraan Dunia yang Resmi (World Badminton Championship)

Untuk pertama kalinya diadakan pada tahun 1977 bertempat di Malmoe (Swedia), merupakan kejuaraan perorangan.

c. Kejuaraan Asia (Asia Badminton Championship)

Terdiri dari kelompok yunior dan senior (beregu dan perorangan) dan diselenggarakan oleh Asian Badmiton Conferderation (ABC), meliputi seluruh kawasan Asia.

d. Kejuaraan Dunia Beregu

Terdiri dari:
1). Untuk beregu putra disebut Thomas Cup Championship.
2). Untuk beregu wanita disebut Uber Cup Championship
3). Untuk beregu campuran disebut Sudirman Cup

Demikian tentang Pertandingan - Pertandingan Internasional Yang Penting Dalam Olahraga Bulu Tangkis, semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel