Kapasitas Vital Paru - Paru

Setelah sebelumnya saya menuliskan tentang sistem trasportasi pada manusia, organ - organ pernapasan manusia dan ada juga proses pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam paru paru tidak lengkap rasanya jika saya tidak menuliskan tentang kavasitas udara dalam paru - paru seperti kapasitas total, kapasitas tidal, kapasitas vital paru - paru dan kapasitas residu paru paru.

Jangan lupa silahkan simak pembahasan lainnya Sistem Trasportasi Pada Tumbuhan

Baiklah berikut uraian tentang volume udara paru - paru pada orang dewasa.

Volume Paru - paru Orang dewasa


1. Voume total 

Volume udara dalam paru-paru orang dewasa lebih kurang 5000 mL atau 5 L. Kemampuan ini disebut kapasitas paru-paru secara total.

2. Volume tidal

Pada pernapasan orang dewasa, udara yang keluar dan masuk paru-paru sebanyak 500 mL atau 0,5 L. Udara ini disebut udara pernapasan atau udara tidal.

3. Volume Vital

Jika menarik napas sedalam-dalamnya dan menghembuskan sekuat-kuatnya, volume udara yang masuk dan keluar sekitar 4000 mL atau 4 L. Volume udara ini disebut kapasitas vital paru-paru.

4. Volume Residu

Sebanyak 1500 mL atau 1,5 L udara tetap tinggal di dalam paru-paru, walaupun kalian telah menghembuskan udara (bernapas) sekuat-kuatnya. Volume udara ini disebut udara residu.

Demikian penjeasan singkatnya semoga bisa dimengerti.

Sebagai tambahan supaya kita bisa menginngat kembali tentang sistem pernapasan silahkan perhatikan gambar di bawah ini.