Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapasitas Vital Paru - Paru

Setelah sebelumnya saya menuliskan tentang sistem trasportasi pada manusia, organ - organ pernapasan manusia dan ada juga proses pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam paru paru tidak lengkap rasanya jika saya tidak menuliskan tentang kavasitas udara dalam paru - paru seperti kapasitas total, kapasitas tidal, kapasitas vital paru - paru dan kapasitas residu paru paru.

Jangan lupa silahkan simak pembahasan lainnya Sistem Trasportasi Pada Tumbuhan

Baiklah berikut uraian tentang volume udara paru - paru pada orang dewasa.

Volume Paru - paru Orang dewasa


1. Voume total 

Volume udara dalam paru-paru orang dewasa lebih kurang 5000 mL atau 5 L. Kemampuan ini disebut kapasitas paru-paru secara total.

2. Volume tidal

Pada pernapasan orang dewasa, udara yang keluar dan masuk paru-paru sebanyak 500 mL atau 0,5 L. Udara ini disebut udara pernapasan atau udara tidal.

3. Volume Vital

Jika menarik napas sedalam-dalamnya dan menghembuskan sekuat-kuatnya, volume udara yang masuk dan keluar sekitar 4000 mL atau 4 L. Volume udara ini disebut kapasitas vital paru-paru.

4. Volume Residu

Sebanyak 1500 mL atau 1,5 L udara tetap tinggal di dalam paru-paru, walaupun kalian telah menghembuskan udara (bernapas) sekuat-kuatnya. Volume udara ini disebut udara residu.

Demikian penjeasan singkatnya semoga bisa dimengerti.

Sebagai tambahan supaya kita bisa menginngat kembali tentang sistem pernapasan silahkan perhatikan gambar di bawah ini.


Posting Komentar untuk "Kapasitas Vital Paru - Paru"