Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Musik Barat Zaman Musik Klasik (1750-1800)

Sejarah Musik Barat Zaman Musik Klasik (1750-1800) - MaoliOka. Sebelumnya silahkan simak juga Sejarah Musik Zaman Barok (1600-1750).
Menurut Frederich Blume (1958) musik klasik adalah karya seni musik yang sempat mengintikan daya ekspresi dan bentuk bersejarah sedemikian rupa hingga tercipta suatu ekspresi yang meyakinkan dan dapat bertahan terus.

Zaman klasik ditandai dengan kembalinya gaya seni yang memperhatikan kaidah-kaidah formal. Pada masa ini seniman kembali menengok kepada gaya seni zaman Yunani Kuno.

Struktur bentuk dan komposisi musik kembali mengikuti kaidah-kaidah formal dalam mencapai kesempurnaan. Seperti halnya pada awal zaman Barok yang merupakan suatu reaksi terhadap Zaman Renaisans, musik Zaman Klasik juga merupakan reaksi atas zaman barok. Hal ini tampak dari timbulnya dua gaya, yaitu gaya galan dan gaya sensitif.

Gaya galan berciri

1. lebih bebas,
2. lebih mudah untuk dimengerti,
3. enak melodinya,
4. ornamentasi yang lebih halus,
5. iringan tanpa keterikatan jumlah suara,
6. ditujukan terutama kepada penggemar musik,
7. bertujuan untuk menghibur secara lebih bermutu, dan
8. bukan ditujukan untuk menciptakan komposisi yang berat.

Gaya sensitif berciri

1. menentang gaya Barok yang terlalu kaku dan terlalu emosional,
2. musik lebih sebagai ungkapan pribadi yeng diungkapkan dalam penerapan dinamika (crescendo), 3. ungkapan rasa suka dan duka.

Zaman Klasik bermula sepeninggal Johann Sebastian Bach dan George Friederich Handel.

Ciri-ciri utama musik klasik adalah sebagai berikut

1. Pemakaian crescendo dan decrescendo
2. Pemakaian accelerando (mempercepat tempo) dan ritartando (memperlambat tempo)
dalam penyajian musik.
3. Pembatasan pemakaian nada-nada penghias (ornament).
4. Pemakaian akor trinada (akor tiga nada).

Bentuk-bentuk musik yang populer pada waktu itu adalah bentuk-bentuk komposisi sonata, simfoni, concerto, dan karya-karya lepas. Komposisi-komposisi itu bahkan semakin diperdalam, disempurnakan, dan dikembangkan.

Komponis-komponis penting di zaman klasik ini di antaranya adalah John Stamitz (1717-1757), Franz Joseph Haydn (1732-1809) yang dikenal sebagai Bapak Orkes Simfoni dengan lebih dari 100 karya dan Bapak Kwartet dengan lebih dari 80 karya. Kemudia Wolfgang Amadeus Mozart (1765-1791). Para komponis ini dianggap sebagai tokoh yang membuat musik gaya klasik tingkat tinggi.

Silahkan simak juga Sejarah Musik Barat Musik Zaman Romantik (1800-1890)