Gerbang Logika Dilengkapi Gambar, Tabel dan Rumus

Rangkaian sistem mikroprosessor tidak bisa lepas dari sistem rangkaian gerbang logika digital dasar, karena hampir keseluruhan rangkaian pada sistem mikroprosessor dibangun dari rangkaian gerbang logika digital dasar.

Aturan main dalam membentuk logika yang diterapkan pada sistem mikroprosessor juga mengikuti aturan logika pada rangkaian gerbang logika digital dasar, mulai dari sistem bus data, sistem pengalamatan baik memori maupun saluran masukan dan keluaran, sistem register, sistem kendali operasi mikroprosessor dan operasi aritmatik logik unit.

Gerbang AND

Gerbang AND minimal memiliki 2(dua) masukan dan 1(satu) keluaran, jika masukan dinyatakan dalam variabel X akan terdapat X0, X1. Karena minimal ada 2 masukan maka kemungkinan masukan sampai Xn, sedangkan keluaran hanya terdapat satu keluaran Q.

Kondisi logika keluaran Q akan berlogika 1 jika dan hanya jika seluruh masukan X0, X1 sampai Xn berlogika 1, jika salah satu masukan berlogika 0 maka keluaran akan berlogika 0. Adapun persamaan untuk gerbang dapat dinyatakan sebagai berikut :


Gerbang OR

Gerbang OR minimal memiliki 2(dua) masukan dan 1(satu) keluaran, jika masukan dinyatakan dalam variabel X akan terdapat X0, X1. Karena minimal ada 2 masukan maka kemungkinan masukan sampai Xn, sedangkan keluaran hanya terdapat satu keluaran Q.

Kondisi logika keluaran Q akan berlogika 0 jika dan hanya jika seluruh masukan X0, X1 sampai Xn berlogika 0, jika salah satu masukan berlogika 1 maka keluaran akan berlogika 1. Adapun persamaan untuk gerbang dapat dinyatakan sebagai berikut:

Gerbang XOR

Berikut merupakan gerbang XOR dengan 2(dua) masukan dinyatakan dalam variabel X0, X1. dan 1(satu) keluaran dinyatakan dalam variabel Q.

Kondisi logika keluaran Q akan berlogika 0 jika dan hanya jika seluruh masukan X0, X1 memiliki logika yang sama yaitu berlogika 0 atau 1, jika skedua masukan memiliki logika tidak sama maka keluaran akan berlogika 1.

Adapun persamaan untuk gerbang dapat dinyatakan sebagai berikut:

Gerbang NOT

Pada gerbang NOT terdapat hanya satu masukan dan satu keluaran, jika dinyatakan mariabel masukan X dankeluaran Q maka logika masukan X akan selalu kebalikan dari logika keluaran.

Sebagai contoh jika X berlogika 1 maka Q akan berlogika 0, begitu juga jika X berlogika 0 maka Q akan berlogika 1.

Adapun persamaan untuk gerbang dapat dinyatakan sebagai berikut:


Gerbang NAND, NOR

Kedua gerbang ini pada prinsipnya merupakan gabungan dari dua gerbang dasar yang salah satunya adalah gerbang NOT, sehingga untuk gerbang AND jika digabung dengan NOT akan menjadi gerbang baru yaitu NAND dan untuk gerbang OR digabung NOT menjadi gerbang NOR.

Tabel kebenaran untuk logika keluaran pada gerbang NAND sama dengan gerbang AND akan tetapi dibalikan, dan untuk keluaran gerbang NOR sama dengan gerbang OR akan tetapi juga dibalikan.

Adapun persamaan untuk gerbang dapat dinyatakan sebagai berikut:

1. Untuk gerbang NOR berlaku:


2. Untuk gerbang NAND berlaku:

Demikian tentang Gerbang Logika yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel