Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Kauangan Sederhana

Setiap hari tentu kita selalu mengeluarkan uang. Misalkan mengeluarkan uang untuk makan, untuk ongkos perjalanan dan lain - lian. Namun belum tentu kita mendapatkan uang setiap hari.

Ada yang mendapatkan uangnya bulanan bagi mereka yang bergajih bulanan dan ada juga yang tidak mendapatkan bulanan seperti mereka yang bekerja berwirausaha. Bisa saja mereka mendapatkan uang setiap hari atau digabung beberapa hari dari beberapa trasaksi.

Terlepas dari semua itu yang paling sering dirasakan dengan uang yang kita miliki adalah tiba - tiba ko udah habis lagi, dipakai apa saja ya?.

Nah supaya tidak seperti itu, maka pengeluaran yang kita lakukan harus terencana, tertulis dan laporan keuangannyapun harus bisa kita buat. Sehingga kita bisa melihatnya sewaktu - waktu dan kita bisa mengukurnya dengan baik.

Nah untuk itu saya ingin berbgai bagaimana kita memguat kaporan keuangan sederhana yang bisa mencakup perencanaan dan pengeluaran sekaligus evaluasinya.

Berikut contoh sederhananya.

1. Tulis Item Pokok yang menjadi pengeluaran dalam 1 bulan

Contoh Hal pokok yang menjadi pengeluaran rutin setiap bulan seperti bayar listrik, air, telpon, cicilan dan lain - lain. Perhatikan untuk sebuah cicilan jangan sampai lebih dari 30 % gajih.

2. Tulis Kebutuhan Makan

Makan biasanya ada makan pokok tulis saja targetannya dalam 1 bulan untuk makan misalkan 4 jt. Silahkan saja bagi perharinya berapa gitu saja. Harus diberikan batasan. Jika tidak diberikan batasan bisa kebablasan.

Kebutuhan makan ini bisa disatukan dengan kebutuhan jajan, ngemil. Jadi jika ingin mengil merokok dananya harus dari sini.

3. Tabungan

Jangan lupa sisikan untuk tabungan. Untuk tabungan ini usahan jumlahnya sama setiap bulan misalkan 20 %nya dari penghasilan. Terus seperti itu. Sehingga kita bisa menargetkan dalam 1 tahun bisa terkumpul sekian.


Nah itulah contoh poin - poin rencana pengeluarannya. Selanjutnya adalah membuat tabel dengan poin - poin tersebut. Supaya mudah bisa menggunakan exel.

Laporan keuangan

Pada tabel diatas bisa kita lihat contohnya dengan adanya kolom evaluasi kita bisa melihat apakah rencana yang kita buat ini sudah sesuai atau belum. Ada uang kembaliannya atau tidak ada.

Khusus untuk tabungan harus ada tabel khusus untuk mengukur jumlah tabungan yang sudah ada. Jika ada kelebihan sisa uang dari rencana pengeluaran bisa dimasukan ke tabungan.

Nah itulah contoh sederhana laporan keuangan yang bisa saya sampaikan. Jik ingin melihat laporan kuangan lengkap dari sebuah perusahaan besar dan digunakan oleh semua lapisan masyarakat silahkan cek contohnya disini Laporan keuangan mayora semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Laporan Kauangan Sederhana"