Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengintip Seperti Apa Mobil Pertama Keluaran Suzuki

Brand Suzuki di Indonesia sudah tidak terdengar asing lagi. Mendengar merk ini, setiap orang pasti akan membayangkan kendaraan bermotor baik itu mobil atau motor. Padahal awal mula Suzuki justru memproduksi mesin tenun bukan otomotif. 

Sebelum Suzuki berkiprah ke dunia otomotif, produk yang mereka hasilkan adalah mesin tenun. Tapi kini, Suzuki menjadi produsen mobil terbesar ketiga di dunia. Seperti apa mobil pertama yang dirilis oleh Suzuki dan menjadi cikal bakal semua kendaraan yang kini banyak diproduksi? 

Suzulight yang Jadi Awal Mula Kei Car


Suzulight

Sebelum masuk ke produksi mobil, Suzuki terlebih dahulu menciptakan kendaraan roda dua di tahun 1952. Baru setelah itu perusahaan yang tadinya bernama Suzuki Loom Manufacturing Company menjadi Suzuki Motor Company. 

Pada tahun 1955 barulah Suzuki meluncurkan kendaraan 4W nya di bulan Oktober yang bernama Suzulight. Walaupun telah merilis mobil, tapi Suzuki tak berhenti dalam memproduksi mesin tenun dan motor. 

Baru di tahun 1961 produksi mesin tenunnya berhenti dan fokus pada produksi kendaraan roda dua dan roda empat. Suzulight sendiri merupakan mobil hasil karya dengan ukuran kecil dan ringan sekaligus memiliki harga terjangkau. 

Mengingat bobitnya yang ringan dan bentuknya yang kecil inilah, menjadikan Suzulight sebagai awal mula Kei car yang terkenal di Jepang. Saat itu Suzulight adalah kendaraan dengan mesin kapasitas 360cc dan tenaganya 16 hp. 

Setiap bulannya setelah rilis, Suzulight diproduksi tiga sampai enam unit. Baru di awal tahun 56, permintaan mobil ini melonjak naik dan produksinya mencapai 30 unit ber pulannya. Tak disangka juga ternyata Suzulight adalah model yang digunakan Austin untuk mengembangkan Austin 7. 

Proses pengujian Suzulight dilakukan di antara Hamamatis sampai ke Tokyo. Sepanjang 300 km, Suzulight berjalan di atas jalanan yang belum diaspal. Melalui jalan ini juga suspensi coil spring independennya ikuti teruji sampai ke batas maksimal. 

Usai diuji, Suzulight langsung disetujui untuk masuk diproduksi dan awalnya digunakan oleh dokter-dokter untuk kendaraan harian. Hingga saat ini hanya tersisa dua Suzulight di dunia dan salah satunya berada di Suzuki Plaza Museum. 

Varian Suzulight TL

Suzulight TL

Setelah generasi pertamanya, diproduksi generasi kedua tahun 1959 yang dikenal dengan Suzuki TL. Fitur lain yang adalah ruang kargo lebih besar karena kursi belakang yang bisa dilipat. 

Mesin yang digunakan masih sama dengan generasi sebelumnya, hanya saja sudah menggunakan transmisi 3 percepatan yang sudah dimodifikasi. Kemudian berlanjut lagi ke generasi ketiga yaitu Suzulight TL II di tahun 1961. 

Pada seri ini desain bodinya jadi lebih kaku dan pengembangan terdapat pada penggeraknya. Mulai dari varian ini transmisinya menggunakan 4 percepatan yang fully synchronized. 

Kemudian dilanjutkan dengan Suzulight TL III yang juga dikenal dengan Suzulight Van 360. Mobil inilah yang pertama kali diekspor dan dirakit di negara lain. Walaupun pada saat itu produksinya hanya dalam jumlah yang kecil. 

Ada tiga jenis bodi dari Suzulight yaitu SF Series, Suzulight Sedan dan juga Suzulight SL yang merupakan Light Van. Hanya saja, produksi dari Suzulight berhenti setelah rilisnya Suzuki Fronte 800 di tahun 1956. 

Oleh karena itulah tak heran jika Suzulight hanya tersisa dua unit sekarang. Selain itu Suzuki juga sudah menggunakan nama perusahaan sebagai nama mobil mereka. 

Mau Mobil Suzuki Keluaran Terbaru? Yuk ke Dealer United Indo Bali

Kiprah Suzuki sejak meluncurnya Suzulight memang tak bisa dianggap remeh. Setiap tahunnya selalu ada mobil baru yang diluncurkan, jika Anda yang berdomisili di Bali tertarik untuk membelinya bisa langsung ke dealer resmi. 

Datang dan dapatkan info lengkapnya di dealer Suzuki United Indo Bali. Jika tak sempat untuk berkunjung langsung bisa juga mengakses situs www.suzukibali.id. Cukup dengan mengakses ke satu situs Anda bisa mendapatkan informasi mobil Suzuki terbaru. 

Anda yang memiliki kebutuhan untuk perawatan berkala mobil Suzuki tanpa harus antri bisa juga melakukan booking service. Caranya tinggal mengakses situs tersebut dan pilih menu booking service. Sisanya tinggal mengisi formulir dan menentukan jadwal servis. 

Suzuki terus mengembangkan pelayanan agar Anda bisa dengan mudah mengakses informasi dan layanan servis. Melalui website ini diharapkan bisa mempermudah semua pelayanan yang tersedia. 



Posting Komentar untuk " Mengintip Seperti Apa Mobil Pertama Keluaran Suzuki"