Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Fitur dalam Aplikasi Kasir untuk Memajukan Usaha Cafe

Cafe menjadi usaha yang kini sangat digandrungi oleh kaum milenial. Apalagi jika lokasinya strategis seperti di area kampus tentu usaha ini sangat laris manis. Baik skala kecil atau besar, usaha cafe membutuhkan aplikasi kasir untuk memudahkan transaksi pembayaran. 

Mengapa aplikasi kasir cafe banyak dipakai? Kenapa tidak menggunakan mesin kasir konvensional? Ada banyak alasan dibalik penggunaan aplikasi kasir. Pertama, aplikasi lebih mudah digunakan sehingga bisa meminimalisir kesalahan. 

Kedua, proses akuntansi lebih mudah karena programnya terintegrasi. Ketiga, selain pencatatan penjualan aplikasi ini juga mempermudah pembuatan laporan stok. Semua kelebihan ini akan didapatkan karena semua fitur yang tersedia. Apa saja fiturnya?

Fitur Pintar dalam Aplikasi Kasir untuk Usaha Cafe

Mengenai fitur yang terdapat dalam aplikasi adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan pada saat Anda sedang memilih aplikasi terbaik. Anda tentu tidak ingin bukan kecewa dengan aplikasi kasir yang fiturnya tidak lengkap. 

Jika Anda dengan tepat memilih aplikasi kasir, beberapa fitur pintar berikut harus dicek apakah sudah tersedia. 

1. Kelengkapan Metode Pembayaran

Fitur pembayaran menjadi sangat vital dalam bisnis cafe. Saat ini bukan hanya model pembayaran cash saja yang tersedia tetapi juga cashless. Konsumen bisa membayar dengan kartu debit atau kredit atau dengan dompet digital. 

Keleluasaan pembayaran ini harus disediakan oleh aplikasi kasir sehingga memudahkan dalam pembuatan laporan. Belum lagi jika dari masing-masing metode pembayaran memiliki diskon atau promo tertentu. Kemudahan menambahkan promo ini sangat diperlukan. 

2. Memiliki Fitur Multi User

Anda yang memiliki usaha cafe berskala lebih besar dengan banyak cabang pasti memiliki beberapa karyawan khusus kasir. Aplikasi yang tak hanya digunakan oleh seorang kasir saja membutuhkan fitur multi user. 

Artinya setiap karyawan kasir akan memiliki akun tersendiri yang bisa dibuka sebagai ruang kerja mereka. Adanya fitur ini akan memudahkan pelacakan apabila terjadi kesalahan. Sehingga setiap karyawan kasir memiliki rekapan masing-masing dari hasil penjualannya. 

3. Fitur Inventaris Barang

Setiap cafe memiliki stok yang perlu dikelola dengan baik. Jika dulu pengelolaan stok ini terpisah dari transaksi penjualan kini tidak lagi. Aplikasi kasir memiliki fitur pelacakan stok atau inventaris barang yang ada di cafe. 

Ketika terjadi penjualan maka inventaris akan berkurang sesuai dengan apa yang laku. Anda jadi lebih mudah untuk melacak berapa sisa stok barang sehingga tahu kapan harus melakukan pemesanan ulang. 

4. Menyediakan Fitur Laporan Transaksi

Soal laporan Anda juga tidak perlu menunggu hasil dari karyawan saat tutup toko. Anda bisa memantau laporan secara online dari aplikasi langsung dan real time. Jadi jika Anda memiliki beberapa cabang cafe maka di mana pun berada bisa mengeceknya dengan mudah. 

Laporan yang disajikan juga tidak sulit dipahami, bisa berbentuk grafik atau tabel sesuai yang Anda butuhkan. Adanya laporan secara real time ini memudahkan Anda untuk merancang strategi penjualan setiap harinya. 

5. Menyediakan Fitur Konsumen

Saat ini setiap konsumen yang melakukan pembayaran di restoran atau cafe biasanya dimintai keterangan nama dan nomor telepon. Data ini akan dimasukan ke dalam aplikasi kasir dan bisa menjadi laporan khusus pelanggan kepada pemilik usaha. 

Anda yang memiliki usaha cafe akan tahu siapa saja konsumen yang loyal. Adanya nomor hp ini juga memudahkan untuk melakukan pemasaran secara langsung kepada konsumen. Misalnya Anda ingin memberikan informasi promo dan sebagainya. 

6. Fitur Promo Berdasarkan Produk

Setiap aplikasi kasir juga dilengkapi dengan fitur promo yang membantu Anda untuk memasukan promo produk. Contohnya saja Anda akan memberikan promo produk kopi americano di hari senin khusus pelajar. 

Nah, dalam menu produk nantinya setiap hari senin Anda bisa mengatur untuk menambahkan promo. Sehingga saat transaksi otomatis biaya akan berkurang tanpa kasir harus menghitung ulang. 

7. Fitur Loyalty

Mirip dengan fitur promo, hanya saja untuk loyalty ini aplikasi akan otomatis memberikan potongan harga sesuai dengan konsumen yang loyal atau sering membeli. Hal ini sangat mungkin karena aplikasi sudah data konsumen. 

Anda hanya perlu menambahkan promo loyalty dalam aplikasi yang nantinya akan bekerja otomatis. 

Bagaimana sangat memudahkan bukan semua fitur yang tersedia di aplikasi kasir? Bagi Anda yang memiliki usaha cafe jangan lupa untuk menggunakan aplikasi kasir terbaik dari Majoo. 


Posting Komentar untuk "7 Fitur dalam Aplikasi Kasir untuk Memajukan Usaha Cafe"