Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Supaya Liburan Menyenangkan

Rasanya tidak ada yang tidak ingin liburan, apalagi disaat orang - orang begitu banyak yang pamer akan asyiknya liburan. Bayangkan saja waktu istirahat hampir tidak ada karena pekerjaan yang menumpuk, kemudian melihat teman -teman liburan. Rasanya seperti ingin meloncat dari jendela dan tiba - tiba berada di pantai yang sangat bersih dan air yang sangat jernih kemudian bersantai sambil menikmati kelapa muda yang segar. Oh lamunan liburan yang sangat indah, kapankah engkau datang menjadi kenyataan, bisakah kode promo anniversary tiket.com membantuku. 

Eit jangan hanya jadi lamunan, sepertinya kode promo anniversary tiket.com memang bisa membantu lamunan liburan kali ini. Bayangkan saja diskonnya ternyata bisa mencapai 65%. Mantaps, ini bisa mempercepat waktu liburan datang dan mungkin bisa mendamaikan antara kerjaan yang tidak pernah beres, hayalan liburan yang sedang menggoda dan dana yang tinggi sehingga liburan kali ini bisa menyenangkan. Untuk itu marilah kita menyusun strategi liburanya.

Supaya jadi inspirasi saya mencoba menyusun tips nih supaya liburan yang kita lakukan bisa menyenangkan. Inilah dia beberapa tips liburan supaya menyenangkan.



Tips Supaya Liburan Menyenangkan Ala MailOka

1. Rencanakan

Supaya liburan menyenangkan dari segi liburannya atapun setelahnya, maka dari itu liburan harus direncanakan. Kapan akan liburan, kemana akan liburan, dengan siapa akan liburan dan berapa lama liburannya, serta tidak kalah penting adalah rencanakan biaya nya.

Misalkan kita akan liburan pas waktu cuti tahunan. Untuk itu kita harus menghitung berapa lama lagi waktu cuti. Waktu kapan cuti itulah waktu kita mempersiakan segala hal terkait liburan yang akan dilaksanakan. Seperti persiapan tabungannya, persiapan barang bawaanya. Selama itulah waktu yang dimiliki.

Setelah kita mengetahui kapan, maka selanjutnya rencanakan akan liburannya kemana.
Misalkan liburan ke Candiborobudur. Maka kita cukup fokus saja tujuan utamanya adalah Candiborobudur. Udah itu tuh segala kebutuhan untuk liburan kesana.

Atau misalkan akan liburan ke berbagai tempat yang ada di indonesia mulai dari Sabang sampai Merouke. Namun untuk saran sebaiknya fokus salah satu saja supaya tidak melelahkan. Untuk tempat menginal dimanapun tidak usah hawatir karena bisa menggunakan aplikasi pesan hotel terdekat banyak di internet. Bisa dicoba salah satunya.

Setelah kita mengetahui kapan dan kemana, maka kita juga harus merencanakan dengan siapa liburan akan dilaksanakan. 

Misalkan karena masih jomblo, liburan hanya sendirian saja. Sebetulnya liburan sendirian saja sudah cukup karena bisa jadi setelah pulang dari liburan tidak sendirian lagi. :D

Jika memutuskan liburan sendirian, oleh karena liburannya sendirina, maka dari itu persiapkan segala kebutuhan sendirian saja. Keuntungannya adalah dengan liburan sensirian, biaya jadi lebih ringan.

Hal yang harus direncanakan lainnya adalah seberapa lama liburan akan anda lakukan. 
Misalkan 10 hari atau 7 hari. Hitung dengan baik keperluan anda selama liburan tersebut, misalkan berapa celana dalam yang harus dibawa, berapa baju yang harus dibawa, berapa celana yang harus dibawa, dan lain lain tentunya. Hitung dengan baik supaya liburan anda tidak kekurangan sesuatu apapun. 
Lama liburan ini perlu direncanakan karena selain urusan kebutuhan untuk hidup, lamanya liburan juga sangat berkaitan dengan biaya yang harus dipersiapkan, barang yang dibawa serta waktu yang dimiliki. Namun jika anda ingin lama - lama liburan seperti liburan di kota solo dengan biaya ringan untuk penginapannya coba deh cek disini hotel murah terbaik di solo lumayan kan dana bisa digunakan untuk yang lainnya.

Dan tentu saja tidak kalah penting adalah rencanakan biaya. Recanakan pengadaan biayanya. 

Misalkan liburan 6 bulan lagi, jadi anda siapkan dana selama 6 bulan tersebut. Jika hitungan liburan tersebut memerlukan dana 5 juta berarti perbulan anda menabung 1 jt rupiah.
Biaya ini akan tergantung dari rencana anda mau kemana, berapa lama, dan dengan siapa saja anda akan berlibur.

Untuk dana segaja disimpan pada bagian akhir, karena jika ingin menyenangkan sesuai dengan perkembangan zaman biaya memang harus diakhir. Artinya jumlah total rencana biaya pengeluaran akan didapat terlbih dahulu setelah semua rencana liburan disusun, dan selanjutnya kumpulkan uang sesuai dengan rencana hitungan tadi.

Jika terbalik uang dulu yang ada berapa banyak, kemudian liburan menyesuiakan dengan uang yang ada, bisa - bisa kita akan mendapatkan liburan yang biasa - biasa aja. 

Jadi rencanakanlah liburannya serta targetkan biayanya sesuai rencana. Lebihkan 10 % buat pegangan setelah pulang dari liburan.

2. Laksanakan

Hal selanjutnya yang sangat penting adalah laksanakan. Percuma saja sudah dibuat rencana yang begitu panjang namun liburannya tidak dilaksanakan. Sangat percuma. Untuk itu setelah anda membuat rencana maka rencana tersebut harus dilaksanakan. 

Tahapan demi tahap yang sudah direncanakan sekian lama harus dijalani dengan penuh semangat dan nikmati saja.

Mulai dari persiapan barang - barang yang dibawa sesuaikan dengan rencana, jauhkan barang yang diluar rencana karena akan membebani anda saat melakukan perjalanan liburan anda.

Karena persiapan sudah sesuai rencana maka tujuanpun harus dilaksanakan sesuain rencana, kemana akan liburan, berapa lama dengan siapa. Harus dijalankan sesui rencana. Jika tidak sesuai rencana, bisa jadi barang yang dibawa tidak berguna atau biaya yang disusun akan sangat salah.

Pada tahapan ini anda cukup melihat catatan saja dan laksanakan. 

3. Evaluasi

Hal yang penting lainnya adalah evaluasi. Apa yang sudah anda rencanakan dan kemudian sudah anda laksanakan lakukanlah evaluasi. 

Sesuai atau tidak dengan yang sudah direncanakan. Evaluasi terpenting adalah rasanya menyenangkan atau tidak. 

Karena tujuannya liburan adalah untuk menyengankan, jadi alat ukurnya adalah anda sendiri. Tanya dalam hati sudah menyenangkan atau  belum. 

Jika semua sudah sesuai dengan rencana tapi ternyata tidak menyenangkan periksa apa yang salah. Bisa jadi tempat liburannya ternyata mengecewakan tidak sesuai dengan tampilan atau iklan di media sosial. Atau bisa jadi tempat yang sangat menarik namun harga - harag lebih mahal dari yang direncanakan hingga kurang dana. 

Nah dari hasil evaluasi tersebut rencanakan lagi liburan berikutnya dengan memperhatikan hasil evaluasi liburan anda yang sudah berjalan. Semakin sering and liburan semakin banyak hal yang bisa anda persipakan dan akan anda nikmati.

Sekian Tips dari MaioliOka semoga memberi inspirasi. Selamat Merencanakan liburan dan selamat Berlibur.

Posting Komentar untuk "Tips Supaya Liburan Menyenangkan"