Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Supaya Rumah Minimalis Sederhana Satu Lantai yang dibuat Kuat

Rumah Minimalis Sederhana Satu Lantai - Maolioka. Memiliki rumah tentu saja menjadi impian setiap orang. Dan kita semua tahu banyak cara yang beberda - beda untuk memilikinya. Sebagian ada yang menggunakan pasilitas pemerintah dengan kredit ringannya, sebagian ada yang kes dengan cara  menabung dari mulai saat pertama bekerja sampai akhirnya terkumpul untuk membangun sebuah rumah, sebagian ada yang memang tajir melintir jadi jika ingin rumah yang tinggal membuatnya saja dan masih banyak cara orang - orang untuk medapatkannya.  Nah pada kesempatan kali ini maolioka ingin sedikit berbagi kisah tentang bagaimana supaya rumah minimalis sederhana satu lantai yang dibuat itu kokoh untuk sarutas tahun.

rumah minimalis sederhana satu lantai

Mengapa ingin sedikit berkisah mengenai supaya kuatnya rumah minimalis yang kita bangun, karena berdasarkan apa yang sudah kami alami dan supaya menjadi pelajaran untuk kita semuanya.

Beberapa tahun sudah berjalan kami membangun sebuah rumah sederhana, mungkin sudah lebih dari 12 tahun kami membangunnya. Sedikit demi sedikit kami membangunnya. Mulai dari rungan utama, kamar dan tentu saja supaya kami mudah dengan kebersihan harus ada kamar mandinya. Minimalnya seperti itu.
Intinya kebutuhan hajat hidup minimal terpenuhi, meskipun demikian rencana kami sebetulnya tidak kecil. Kami mulai sedikit demi sedikit hingga alhmdulillah sampailah pada titik sekarang ini.

Saat ini rumah minimalis kami, kami klaim sudah cukup. Meskipun kami tidak akan begitu bercerita bentuknya seperti apa dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Jika saya amati yang namanya juga mebangun nyicil sedikit demi sedikit ibaratkan sebuah pazel, meskipun di awal memiliki rencana bagus tapi saat berjalannya waktu, ruang satu dan ruangan lainnya seperti tidak singkron. Tapi Alhadulillah rumah kami sudah jadi.

Saat ini rumah sederhana yang kami miliki kami anggap lengkap fasilitasnya. Ada kamar tidur, ada dapur, ada kamar mandi, ada WC dan teras yang lumayan bisa untuk nongkrong dengan satu kursi. Alhmdulillah.

Nah berikut pengalaman yang mungkin bisa bermanfaat. Meskpiun kami merasa puas, yang namanya manusia pengen lebih puas lagi. Ternyata setelah semuanya kami anggap beres dan sudah kami gunakan banyak, hal yang seharusnya kami perhatikan dari awal, bahkan sebelum rumah yang kami miliki dibangun. Apa sajakah itu? 

Nah berikut coba saya uraikan bagaimana Supaya Rumah Minimalis Sederhana Satu Lantai yang dibuat Kuat.

1. Tes Ketahanan Tanah Untuk Bangunan

Ternyata sebelum rumahnya dibangun, seharusnya tanah yang akan ditempati harus dites. Apakah tanahnya kuat untuk menopang bangunan atau tidak?, apakah tanah tersebut harus menggunaan cakar ayam atau cukup pondasi biasa saja? Salah satau tes yang bisa digunakan adalah tes pengujian sondir.
Pengujian ini memiliki pungsi untuk menentukan jenis pondasi yang diperlukan,kemudian mengetahui apakah tanah lanadasannya bagus atau tahan untuk pondasi yang akhirnya tembok bangunan bisa terhindar dari retakan atau dari tanah yang amblas.

2. Bahan - Bahan Yang Digunakan

Bahan - bahan yang digunakan ini sangat penting untuk bangunan kita, bahan - bahan ini harus benar - benar kita ketahui. Misalkan bata yang digunakannya apakah bata ringan, batako atau bata merah. Setiap bata yang digukana erat kaitannya degan ketahanan rumah yang kita miliki dan tindakan selanjutnya yang harus diambil. Misalnya apakah harus diplester/dilepo atau tidak. Selain itu bahan bata yang kita gunakan sangat erat kaitannya dengan dana yang akan kita pakai. 

Contoh lain yang harus diperhatiakn seperti batu pondasi yang digunakan, pasir dan semen yang digunakan. Hal - hal seperti ini jika ingin rumah kuat awet harus dipertimbangkan dengan matang.

3. Preses Pembanguan

Nah tidak kalah penting harus diperhatikan adalah proses pembangunananya. Apakah tukang mengerjakan dengan baik atau dengan asal - asalan. Hal ini akan mempengaruhi paling tidak dua hal. Yang pertama terkait kekuatan bangunannya dan yang kedua terkait keindahan bangunan saat sudah jadi indah atau tidaknya.

3. Proses Penyelesaian Akhir

Bangunan yang sudah kokoh kuat hampir bagus. Jika saat penyelesaian akhirnya tidak bagus. Hasil akhir bangunannya akan tampak jelek meskipun bangunan sudah kuat. Misalkan harusnya terasnya rapih, dikarenakan tukang tidak bener teras menjadi berantakan dan hasilnya malah membuat bangunan menjadi tampak jelek tidak enak dipandang.

Mengapa hal - hal tersebut diatas penting karena dari pengalaman kami, ketika kita tidak memperhatikannya, hasil akhir dari rumah yang kita buat bisa membuat kita kecewa. Sebagai contoh dinding yang retak dimana - man seperti halnya rumah kami. hik hik.

Rumah Minimalis Sederhana Satu Lantai



Sekian untuk tips dan berbagi pengalaman untuk kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Supaya Rumah Minimalis Sederhana Satu Lantai yang dibuat Kuat"