Sejarah Bulu Tangkis

Setelah sebelumya MaoliOka berbagi tentang olahraga permainan sofball, kali ini MaoliOka ingin berbagi sedikit sejarang olahraga permaian bulu tangkis.

Negara Asal Olahraga Permaian Bulu Tangkis

Negara asal permainan bulutangkis sampai saat ini belum diketahui dengan pasti, dokumen-dokumen sejarah membuktikan bahwa permainan tersebut dijumpai di negara cina yang dimainkan dengan raket kayu dan sebuah bola yang berbulu.

Ada dituliskan pula bahwa dalam abad ke –12 permainan bulutangkis dimainkan di puri-puri bangsawan di Inggris. Di India bulutangkis dimainkan di Poona dan karena itu permainan itu dinamakan permainan “poona”, sekitar tahun 1870. jadi belum dapat ditentukan dengan pasti apakah perwira Inggris membawa
permainan itu ke India atau sebaliknya.

Nama “badminton” berasal dari nama kota badminton di wilayah Glousectershire, yang tidak jauh letaknya dari Bristol. Peraturan permainan bulutangkis pertama dibuat dalam tahun 1877, kemudian direvisi pada tahun 1887.

Revisi berikutnya diadakan pada tahun 1890, selanjutnya revisi dilakukan hingga saat ini.
Kejuaraan All England yang pertama diselenggarakan dalam tahun 1897 dan diselesaikan dalam satu hari.

Pertandingan All England yang pertama ini merupakan sukses besar bagi perkembangan permainan bulutangkis di Inggeris. International Badminton Federation atau IBF didirikan pada tanggal 5 Juli tahun 1934 oleh negara-negara Inggeris, Kanada, Denmark, Perancis, Irlandia, Belanda, Selandia Baru, Skotlandia dan Wales.

Semula IBF akan menyelenggarakan suatu kompetisi international pada tahun 1939, tetapi dengan pecahnya perang Dunia ke-II, kompetisi itu baru dapat dilaksanakan pada tahun 1948/1949. untuk juara kompetisi antar negara itu telah disediakan sebuah piala bergilir, dihadiahkan oleh sir George Thomas.

Piala tersebut kemudian dikenal dengan nama “Thomas Cup”, yang sebetulnya bernama “The International Badminton Championship Challenge Cup”.

Bentuk Lapangan Permaian Bulu Tangkis

Dapun bentuk lapangan bulutangkis adalah sebagai berikut. Lihat gambar ini


Demikian sejarah singkat bulu tangkis yang bisa MaoiliOka bagikan, semoga bermanfaat.


Sumber :
BSE.MAHONI.COM
sumber pengetahuan yang luar biasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel