Variasi Keterampilan Gerak Melangkah, Menolak dan Mendarat Pada Lompat Jauh

Setelah sebelumnya MaoliOka berbagi seputar Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bola voli dan variasi keterampilan gerak dalam olahraga permanan sepak bola, kali ini MaoliOka ingin berbagi Variasi Keterampilan Gerak Melangkah, Menolak dan Mendarat Pada Lompat Jauh.

Baiklah langsung saja berikut MaoliOka berbagi.

Sekilas Tentang Atletik


“Atletik” (Atletiek) Belanda; (Leicht-athletik) Jerman, Track and field Inggris dan Amerika adalah termasuk salah satu cabang olahraga yang terdiri dari nomor: Jalan cepat, lari, lompat dan lempar. Pada nomor lari ditinjau dari jarak yang ditempuh dapat dibedakan adanya lari jarak pendek (sprint), jarak sedang atau lari jarak menengah dan jarak jauh. Kalau ditinjau atas dasar lapangan ataupun rintangan yang dilalui kita kenal adanya lari gawang, lari 3000 m steeple chase, dan lain-lain. Nomor lompat terdiri dari: lompat tinggi, lompat tinggi galah, lompat jauh dan lompat jangkit. sedangkan nomor lempar meliputi: lempar lembing, lempar cakram, tolak peluru dan lontar martil.

Atletik yang meliputi jalan cepat lari, lempar dan lompat boleh dikatakan sebagai cabang olahraga yang paling tua, karena umur atletik sama tuanya dengan adanya manusia pertama di dunia ini. Jalan cepat lari, lempar dan lompat adalah bentuk-bentuk gerak yang paling asli dan paling wajar dari manusia, dan merupakan gerakan-gerakan yang amat penting dan tidak ternilai artinya bagi
manusia. Manusia pertama di dunia sudah harus lari,melempar dan melompat untuk mempertahankan serta melanjutkan hidupnya.

Lari sebagai olahraga dalam bentuk perlombaan sudah dikenal oleh bangsa Mesir kuno pada tahun 1500 S.M, sedangkan bangsa Asyiria purba dan bangsa Babylonia purba di Mesopotamia pada tahun1000 SM. Disamping perlombaan lari sudah mengenal pula perlombaan-perlombaan lempar dan lompat.

Nah itulah sekilas seputar olahraga Altetik. Kali ini pembahasan akan dieprsempit pada olahraga lompat jauh.


Lompat Jauh

Lompat jauh bertujuan untuk mencapai lompatan yang sejauh-jauhnya. Setelah bertumpu (kaki terkuat) maka kaki yang satunya segera diayunkan ke depan atas dengan sikap lutut ditekuk sewajarnya. Kemudian kaki kiri segera menyusul diangkat dan pada saat mencapai titik tinggi posisi tubuh seperti berjalan, selanjutnya kedua kaki dan tangan diluruskan ke depan, badan condong ke depan pula untuk siap melakukan pendaratan.

Bentuk Lapangan Lompat Jauh





Variasi Keterapilan Gerak Melangkah, Menolak dan Mendarat


Cara Melakukan Teknik dasar awalan dan menolak melalui atas box

a. Menolak melalui atas boks dan mendarat menggunakan satu kaki, dilanjutkan dengan dua kaki.
b. Setelah melakukan gerakan berpindah tempat (posisi).
c. Dilakukan secara perorangan atau kelompok, untuk menanamkan nilainilai kerjasama, keberanian, sportivitas.

Perhatikan gambar berikut ini :



Cara Melakukan Teknik dasar gerak langkah dan melompat tali

a. Gerak langkah melalui atas bangku senam dari akhir gerakan melangkah, melakukan tolakan melalui atas tali yang dipasang melintang lalu mendarat.
b. Yang telah melakukan gerakan berpindah tempat (posisi).
c. Setelah melakukan gerakan berpindah tempat (posisi).
d. Dilakukan secara perorangan atau kelompok, untuk menanamkan nilainilai kerjasama, keberanian, sportivitas.

Perhatikan gambar berikut ini



Cara Melakukan Teknik dasar gerak langkah, menolak dan posisi badan di udara

a. Melangkah melompati bangku senam, menolak dan melenting saat di udara dengan perut/dada menyentuh benda yang tergantung di depan atas.
b. Mendarat menggunakan kedua kaki.
c. Dilakukan secara perorangan atau kelompok, untuk menanamkan nilainilai kerjasama, keberanian, sportivitas.

Perhatikan gambar berikut ini :



Rangkaian gerak (koordinasi) lompat jauh gaya jalan di udara (awalan, tolakan, posisi badan di udara, dan mendarat)


Rangkaian gerak lompat jauh gaya jalan di udara bisa disaksikan atau diperhatikan pada gambar di bawah ini.




Demikian Variasi Keterampilan Gerak Melangkah, Menolak dan Mendarat Pada Lompat Jauh yang bisa MaoliOka bagikan semoga bermanfaat.