Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peraturan Bulu Tangkis Singkat

Peraturan Bulu Tangkis Singkat  - MaoliOka Berbagi. Setelah sebelumnya MaoliOka menuliskan tentang Pertandingan - pertandingan yang penting dalam olahraga Bulu Tangkis. Pada kesempatan ini MaoliOka berbagi tulisan tentang Peraturan Bulu Tangkis. Peraturan ini diambil dari paeraturan bulutangkis PBSI dan yang berlaku secara internasional.

Peraturan Bulu Tangkis Singkat

1. Lapangan

Lapangan bulutangkis dapat dibuat di luar maupun di dalam ruangan. Namun, pertandingan resmi harus dilakukan di dalam ruangan, mengingat faktor cuaca yang sangat mempengaruhi jalannya permainan, maka lantai lapangan dapat dibuat dari:
a. Lantai tanah atau pasir (umumnya lapangan di luar ruangan)
b. Lantai semen atau tegel (hard court)
c. Lantai kayu (wooden courf)
d. Lantai dengan karpet sintesis (porta court)

Lapangan permainan bulutangkis berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran:

a. Panjang : 13,40 m
b. Lebar : 6,10 m
c. Lebar masing-masing garis (lines) : 0,05 m

Lapangan Bulu Tangkis

2. net / jaring

a. Panjang : 6,10 m
b. Lebar : 0,75 m
c. Tinggi :1,525 m
d. Sepanjang tepi net diberi pita yang lebarnya:0,05 m. Warna jaring gelap.

3. Tiang Net (Posts)

Tinggi tiang net 1,55 m dari lantai, dibuat dari bahan yang cukup untuk menahan tarikan tali net hingga menjadi tegang. Pemasangan harus tepat di atas garis samping untuk double, atau bila tidak mungkin dan terpaksa dipasang di luarnya maka di tempat tiang net yang seharusnya berada diberi pengganti dengan pita putih (kertas, kain) atau kayu tipis tegak lurus dari pita net hingga ke lantai.
Penampang tiang bulat dan bergaris tengah 3,8 cm.

4. Raket

Raket merupakan alat pemukul yang sangat ringan dan kuat. Raket ada beberapa macam, yaitu dari kayu seluruhnya, kepala kayu dengan batang logam, atau seluruhnya logam. Biasanya kekuatan, daya tahan serta kenyamanan dipakainya tergantung dari kualitasnya. 

Beratnya kurang dari 150 gram (tulisan Under -5 pada beberapa raket artinya kurang dari 5 ons, dimana 1 ons = 28,25 gram). Panjang 68 cm, lebar kepala 23 cm.

Jenis-jenis raket:

a. Raket yang berat di bagian atas (kepala), cocok untuk pemain yang bertipe penyerang.
b. Raket yang berat di bagian pegangan (handle), cocok untuk bermain rally dan tipuan.
c. Raket yang seimbang cocok untuk pemain "allround" (serba bisa).
d. Pemeliharaan raket sangat penting, yaitu dengan selalu membersihkan setiap habis dipakai, sedang raket yang berkepala kayu harus dipress dan kemudian disimpan di tempat yang kering.

5. Shuttlecocks (Bola)

Shuttlecocks terdiri dari bagian kepala dan bulu. Shuttlecocks yang baik menggunakan gabus sebagai kepalanya dan dibungkus dengan kulit yang tipis dan kuat. Bulu angsa lebih baik, sebab dapat mengurangi lajunya bola serta memberi keseimbangan yang lebih mantap. Yang terpenting karakteristik terbangnya sama. Plastik meskipun tahan lama tetapi kurang nyaman dipakai hingga tidak begitu populer.

Shuttlecocks berukuran:

a. Panjang bulu bola : 60-70 mm
b. Diameter gabus : 25-28 mm
c. Garis tengah ujung lingkaran bulu: 54 mm
d. Jumlah bulu : 14-16 helai
e. Berat bola : 4,73 - 5,50 gram

Demikian tentang Peraturan Bulu Tangkis Singkat, semoga bermanfaat