Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peraturan Olahraga Permainan Sepak Bola Lengkap

Sepak Bola merupakan olahraga yang sangat banyak penggemarnya. Selain itu sepak bola juga merupakan olahraga yang diajarkan disekolah - sekolah. Dengan demikian penggemar olah raga yang satu ini tidak akan pudar dimakan waktu.
Pada kesempatan kali ini MaoliOka ingin berbagi seputar Peraturan Olahraga Permainan Sepak Bola. Seperti apakah peraturannya?
Silahkan disimak

Peraturan Olahraga Permainan Sepak Bola

1. Lapangan

Lapangan sepak bola berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran Panjang 100-110 meter, Lebar 64-75 meter, Lingkaran tengah berjari-jari 9,15 meter, Daerah gawang 18,35 x 5,5 meter, Daerah tendangan hukuman 40,32 x 16,5 meter, Titik tendangan hukuman 11 meter.

2. Gawang

Gawang sepak bola harus ditancapkan di tengah-tengah garis belakang dari kedua tim. Gawang terbuat dari besi, kayu, atau bahan yang lain dengan ukuran Tinggi 2,44 meter, Lebar 7,32 meter, Diameter tiang dan palang 12 centimeter, dan Mata jaring l0 centimeter

3. Bola

Bola terbuat dari kulit atau bahan yang sejenis dan bentuknya bulat dengan ukuran :
a. Berat : 396-453 gram
b. Lingkaran : 68 - 71 cm
c. Wama dasar : harus putih dan memiliki dua warna yang kontras

4. Perlengkapan Pemain

a. Setiap pemain harus berpakaian olahraga dengan nomor dan bercelana pendek.
b. Setiap pemain harus memakai sepatu khusus sepak bola.
c. Setiap pemain tidak diperbolehkan memakai barang yang dapat membahayakan, seperti cincin dan gelang

5. Jumlah Pemain

a. Jumlah pemain setiap regu 11 orang termasuk satu orang penjaga gawang.
b. Jumlah pemain cadangan dari setiap regu adalah tujuh orang

6. Wasit

Pertandingan sepak bola dipimpin oleh satu orang wasit dan dibantu dua orang penjaga garis.

7. Lamanya Permainan

a. Lamanya permainan sepak bola 2 x 45 menit yang dibagi menjadi dua babak, masing-masing 45 menit, dengan diselingi waktu istirahat 15 menit.

b. 2) Jika dalam pertandingan berakhir seri, akan diberikan tambahan waktu selama 2 x 15 menit.

c. Setelah perpanjangan waktu selama 2x15 menit, keadaan masih seri (berimbang) akan diadakan adu penalti.

8. Permulaan Permainan

Permainan dimulai dengan suatu tendangan permulaan (kick off) dari titik tengah lapangan oleh satu orang pemain dari satu kesebelasan yang mendapat kesempatan untuk melakukan tendangan permulaan setelah wasit meniup peluit, permainan dimulai. Tendangan permulaan bola harus melewati garis tengah walaupun hanya beberapa sentimeter.

9. Off Side

Pemain dinyatakan offside apabila bola yang dimainkan berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dan di belakang hanya terdapat penjaga gawang. Sementara itu, bola juga sedang dioper ke arah garis gawang lawan oleh temannya sendiri, kecuali saat throw in, tendangan bebas langsung.

10. Tendangan Bebas

Tendangan bebas dapat dilakukan secara langsung, bola ditendang ke gawang lawan atau tidak langsung (dikirim kepada teman terlebih dahulu).

11. Hukuman Penalti

Tendangan hukuman penalti dilakukan dari titik penalti yang berjarak 11 m ke arah gawang. Tendangan penalti dilakukan oleh satu orang pemain dan posisi penjaga gawang harus di garis gawang di bawah mistar gawang yang dijaganya. Hukuman itu dilakukan jika terdapat salah satu pemain bertahan melakukan kesalahan di daerah gawang.

12. Hands Ball

Seorang pemain dinyatakan hands ball jika lengannya menyentuh bola. Hukumannya adalah

a. tendangan bebas, jika tangan pemain menyentuh bola di luar daerah gawangnya sendiri;
b. tendangan penalti, jika pemain bertahan dan tangannya menyentuh bola di daerah gawangnya sendiri.

13. Lemparan ke Dalam

Lemparan ke dalam dilakukan oleh satu orang pemain dari garis samping tempat bola itu keluar melalui garis samping. Lemparan ke dalam dilemparkan dengan dua tangan.

14. Tendangan Sudut

Tendangan sudut dilakukan dari sudut lapangan oleh satu orang pemain. Terjadinya tendangan sudut karena pemain bertahan menyentuh bola dan bola keluar melalui garis belakang.

15. Tendangan Gawang

Tendangan gawang dilakukan dari titik daerah gawang oleh seorang pemain bertahan atau penjaga gawang. Hal itu dilakukan jika penyerang menendang bola keluar lapangan melalui garis gawang.


Dekimian Peraturan Olahraga Permainan Sepak Bola, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Peraturan Olahraga Permainan Sepak Bola Lengkap"