Posisi Gerakan Bendungan (Blocking) Pada Permainan Bola Voli

MaoliOka Posisi Gerakan Bendungan (Blocking) Pada Permainan Bola Voli. Kali ini sedikit membahasa tentang olahraga bola besar yatu bola voli.

Pada permaian bola voli banyak sekali tehnik yang bisa dipelajari silahkan bisa disimak disini variasi gerakan dalam permainan bola voli. Salah satu gerakan yang bisa dipelajari adalah gerakan bendung bola atau blocking.

Gerakan Bendungan (Blocking) Pada Permainan Bola Voli

Bendungan (Blocking) adalah upaya menggagalkan serangan (smash) dari pihak lawan dengan cara cara membendung bola di atas di atas jaring sambil meloncat. Blocking dapat dibedakan menjadi Blocking tangan aktif dan pasif. Cara membendung dapat dilakukan oleh satu orang, dua orang, atau tiga orang, tergantung kuat atau tidaknya serangan (smash) dari lawan.

Untuk melakukan dan melihat posisi gerakan bendungan atau blocking pada permaian bola voli ini, silahkan perhatikan gambar berikut ini



Dalam melakukan gerakan bendungan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut :

1. Sebelum melakukan bendungan atau blocking harus diperhatikan terlebih dahulu bola voli akan berada di posisi mana.
2. Setelah mengetahui dimana, maka waktu yang tepat untuk blockingpun harus kita ketahui.
Umpamanya lawan langsung melakukan gerakan smes, di posisi yang sudah kita pediksi maka saat itulah kita melakukan blocking atau bendungan
3. Loncat dan tahan bola dengan menggunakan tangan dengan kuat. 
4. Perhatikan pijakan kaki dan pendaratan kaki jangan sampai waktu kaki mendarat setelah loncat kakai terkilir. Ingat perkan lutut tidak boleh kaku.
5. Jika sudah melakukan blcoking maka harus siaga kembali. Bisa jadi block yang kita lakukan berhasil meraka tahan atau block yang kita lakukan tidak berhasil membendung. Jadi setelah blocking harus tetap siaga.

Kesalahan yang Biasa dilakukan Saat Bendungan (Blocking) Pada Permainan Bola Voli

1. Sikap badan kaku
2. Berdiri tidak menghadap net/jaring,
3. Awalan loncat kurang maksimal karena tolakan tidak menekuk lutut, 
4. Kedua tangan tidak berada di atas depan, 
5. Kedua tangan kurang dijulurkan melewati net/jaring,
6. Pendaratan tidak dilakukan dengan lutut mengeper.


Baik itulah tulisan seputar Posisi Gerakan Bendungan (Blocking) Pada Permainan Bola Voli yang terpenting adalah tetap focus dan tetap berlatih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel