Mekanisme Pernapasan pada Manusia

Mekanisme Pernapasan pada Manusia - MaoliOka.
Setelah sebelumnya menuliskan tentang Kapasitas Paru Paru Pada Manusia yang terdiri dari kavasitas tidak, total, residu. Kali ini MaoliOka ingin berbagi tentang Mekanisme Pernapasan pada Manusia itu sendiri.
Bagaimana mekanismenya?
Berikut MaoliOka menguraikannya. Mudah - mudahan bisa dipahami dengan gampang.

Mekanisme Pernapasan pada Manusia

Pada saat kamu bernapas berlangsung dua mekanisme, yaitu menghirup udara (inspirasi) atau inhalasi dan menghembuskan udara (ekspirasi) atau ekshalasi. Pada saat melakukan mekanisme pernapasan terjadi kerja sama antara otot dada, tulang rusuk, otot perut, dan diafragma. Diafragma adalah otot yang terdapat di antara rongga dada dan rongga perut.

Pada saat inspirasi, diafragma dan otot dada berkontraksi, volume rongga dada membesar, paru-paru menggembung, dan udara masuk ke paru-paru. Pada saat ekspirasi, diafragma dan otot dada berelaksasi, volume rongga dada kembali normal, paru-paru kembali normal, dan udara keluar dari paru-paru. Satu kali pernapasan terdiri atas satu kali inspirasi dan satu kali ekspirasi.

Silahkan simak gambar berikut ini.


Berdasarkan aktivitas otot-otot pernapasan, bernapas dengan membesarkan dan mengecilkan volume rongga dada disebut pernapasan dada. Begitu juga jika kita membesarkan dan mengecilkan volume rongga perut, disebut pernapasan perut.

Demikian tentang  Mekanisme Pernapasan pada Manusia, semoga bisa dengan mudah dipahami.

Jangan lupa simak juga Pertukaran Oksigen dan Karbondioksida dalam Paru Paru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel