Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Essential Jemawa Kamera Ponselnya Hasilkan Foto Terbaik

Essential Jemawa Kamera Ponselnya Hasilkan Foto Terbaik

Kumparan.Essential, ponsel baru buatan kreator Android Andy Rubin, akan segera meluncur ke tangan para konsumen di bulan Agustus mendatang. Kepastian ini diberikan Rubin setelah para konsumen sempat bertanya-tanya karena jadwal pengirimannya terlambat dari yang awal dijanjikan. Untuk membuat para konsumennya semakin tidak sabar menggenggam langsung ponsel premium tersebut, Essential pun mempublikasikan sebuah tulisan yang menjelaskan detail teknis dari sistem kamera ganda yang disematkan pada ponselnya. Dalam tulisan yang diunggah ahli kamera Essential, Yazhu Ling, diceritakan bagaimana timnya menggarap kemampuan pengambilan gambar dari ponsel itu sejak Oktober. Sistem kamera ganda Essential menggabungkan data dan informasi dari warna RGB standar serta versi monokrom (hitam putih) dari foto yang sama untuk menghilangkan noise, dengan menjaga resolusi tetap tinggi. "Ketika mengambil gambar yang diam, ponsel Essential mengaktifkan kedua lensa sekaligus. Gambar monokrom dan RGB kemudian digabungkan untuk menciptakan hasil foto yang kaya, serta tajam," tulis Ling.

Selain itu, Ling juga mengatakan kualitas foto Essential tetap baik meski diambil dalam keadaan kurang cahaya. Menurutnya, sistem kamera Essential dapat bekerja maksimal baik di kondisi terang maupun kurang cahaya. Sistem ini sebenarnya bukan hal baru, kita bisa melihat teknik yang sama pada kamera ganda Huawei seperti Honor 8 dan juga Moto Z2 Force. Tapi, Essential menjanjikan hasil fotonya lebih kuat dan berwarna dalam keadaan minim cahaya. Ling mengatakan Essential memakan waktu yang lama untuk bisa menghadirkan kamera mobile terbaik di pasaran. Dalam prosesnya, diperlukan pengaturan subjektif dalam software Image Signal Processing (ISP) dan melatihnya dengan mengambil jutaan foto dari berbagai skenario.

Proses ini baru selesai setelah menjalani pengujian ISP lewat pengaturan objektif, untuk memastikan pengambilan gambarnya dapat tampil dalam kualitas yang diinginkan. Tentu saja menarik melihat bagaimana proses yang dialami Essential untuk mengembangkan sistem kameranya. Belum bisa diketahui pasti untuk saat ini bagaimana hasilnya nanti, dan bagaimana saat dibandingkan dengan iPhone 7 serta Samsung Galaxy S8 yang memiliki kemampuan kamera sangat baik. Tampaknya para penggemar smartphone dipenuhi rasa penasaran dengan Essential saat ini.  


Sumber :
https://kumparan.com/jofie-yordan/essential-jemawa-kamera-ponselnya-hasilkan-foto-terbaik