Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tempat Galeri Seni Bernuansa Unik Di Bali


Kita semua pasti sudah tahu, jika Bali dikenal sebagai salah satu pulau di Indonesia yang memiliki berbagai macam kesenian juga kearifan lokal budaya. Berbagai karya seni termasyur dunia, sebagian besar merupakan hasil karyapara seniman bertalenta dari pulau Bali. Hal itulah yang menjadikan Bali dapat dikatakan juga sebagai pulau-nya para seniman, berbagai galeri ternama, baik milik seniman lokal maupun orang asing, banyak yang ditempatkan di Bali, mengingat banyaknya peminat seni yang sengaja datang ke Bali untuk sekedar mencari keunikan karya seni khas pulau Dewata. Ingin coba berwisata seni tetapi bingung memilih tempat yang tepat?  Berikut lima art galeri yang bisa anda kunjungi sebagai pilihan destinasi wisata seni di pulau Bali.

Tonyraka Art Gallery

Setelah puluhan tahun menggelar berbagai exhibisi, Tonyraka Art Gallery selalu konsisten dalam menampilkan hasil karya yang menakjubkan. Disini terdapat dua kategori galeri yang dapat Anda nikmati,  yaitu koleksi tribal dan seni, juga koleksi kontemporer & modern. Pada koleksi tribalnya, Tonyraka memiliki tiga jenis produk utama, yaitu berupa patung dan ukiran, topeng dan tekstil. Di sisi lain, seni kontemporer dan modern yang terdapat di galeri ini memiliki empat jenis produk seni, diantaranya berupa lukisan, patung, video dan fotografi. Dengan mengunjungi tempat ini, Anda juga bisa menyaksikan variasi mahakarya dari para pelukis lokal dan internasional.
Tonyraka Art Gallery
Jl. Raya Mas No. 86 Mas, Ubud, Bali – Indonesia
Telp: +62 81 236 008 035
Fax: +62 361 975 207

The Gallery

Di tempat ini, Anda bisa melihat ratusan karya seni bergaya tradisional Asia dan Bali, dengan sentuhan kontemporer juga minimalis dari para pelukis asli Bali. Teknik pallete yang diaplikasikan pada banyak lukisan, diolah dalam gaya timur dan barat, dengan media lukisan berupa Acrylic dan cat minyak bernuansa warna-warni segar. Bingkai setiap lukisan, merupakan bingkai berkualitas yang terbuat dari kayu umber asli, serta material berkualitas impor memberikan kekuatan tersendiri bagi setiap lukisan yang dihasilkan. Lukisan yang berada di galeri ini, didominasi oleh tema mengekspresikan kehidupan maritim Bali dan negara-negara di Asia. Lukisan mengenai kehidupan sosial masyarakat Bali pun ditampilkan dalam warna-warna dan goresan-goresan yang berkarakter dan bermakna dalam. Baik lukisan abstrak maupun ekspresionis, semuanya dihadirkan untuk memenuhi selera seni para pengunjung.
The Gallery
Sunset Road 89 – Seminyak – Bali
+62 361 731 738
Jalan Seminyak 2A – Seminyak – Bali
+62 361 731 738
Jalan Oberoi 14 – Seminyak – Bali
+62 361 738 704

Bali Center For Artistic Creativity

Berbeda dengan galeri seni lainnya, Bali Center for Artistic Creativity (BCAC) merupakan galeri yang membuka kesempatan berupa kursus melukis kepada para pengunjungnya. Ketika Anda datang ke sini, selain bisa melihat lukisan yang indah, anda juga bisa ikut belajar melukis dan mengikuti seminar seni. Pemilik galeri ini merupakan seorang pelukis surealis yang telah mengajar visual arts selama 40 tahun di berbagai belahan dunia. Konsep galeri ini sendiri mengusung tema “come and paint with me at my studio”. Hal tersebut memiliki makna dan tujuan untuk bisa melibatkan pengunjung dalam beraktivitas di dalam gedung galeri ini. Selain itu, di galeri ini terdapat berbagai lukisan dan patung yang berasal dari para seniman profesional. Karya seninya berupa makhluk-makhluk imajinasi seperti gabungan manusia dan hewan, monster, iblis, malaikat dan peri-peri.
Bali Center for Artistic Creativity
Jl. Raya Andong, Ubud, Gianyar, Bali 80571, Indonesia
Telp:+62 812-4652-7362

Infinity Gallery

Galeri seni yang satu ini memiliki konsep yang lain daripada yang lain. Pasalnya, galeri ini hanya memiliki koleksi fotografi dalam satu tema, yaitu berupa foto berbagai mosi air. Disini anda akan melihat seni Liquid art, yaitu konsep seni yang diterapkan dalam fotografi high-speed flash. Dan yang membuatnya unik, sang fotografer sekaligus pemilik galeri Stephan Max Reinhold, tidak menggunakan efek komputer sama sekali, sehingga menghasilkan sebuah potret murni dari hasil bidikan kamera. Keindahan dari seni liquid art ini pun merepresentasikan berbagai aktivitas masyarakat sehari-hari, di mana air menjadi sebuah pusat kehidupan. Contohnya, pengambilan gambar air hujan, air yang bercampur dengan sabun dan air minum. Saat terjadinya semua mosi air dalam kehidupan sehari-hari, kemungkinan besar dari kita tidak akan terlalu memperhatikan gerakan jatuhnya air tersebut. Namun dalam semua foto yang berada di galeri ini, semua gerakan air tersebut dapat ditangkap dengan begitu cantik dan membentuk sebuah karya seni yang luar biasa indah. Cobalah untuk amati setiap gambarnya, maka Anda akan bisa merasakan perasaan yang berbeda-beda saat menatapnya.
Infinity Gallery
Jalan Monkey Forest, Ubud
Telp:+62 361 972500

Agung Rai Art Gallery

Di dalam galeri ini, terdapat  empat kategori seni lukis, diantaranya abstrak, tradisional dan klasik, modern dan gaya “young artist”. Keempat kategori ini tentu saja berasal dari para pelukis yang berbeda-beda, serta memiliki karakter dan ideologi yang berbeda-beda pula. Aliran dalam keempat kategori tersebut pun bervariasi, mulai dari surealis, pointillis, kubisme, hingga ekspresionis abstrak. Akan tetapi, pesan yang diusung dalam semua lukisan di galeri ini memiliki kesamaan, yaitu untuk memberikan imaji mengenai kebudayaan Indonesia, baik itu budaya dalam arti kata sesungguhnya maupun budaya dalam masalah kehidupan masyarakatnya. Para pelukis dibalik bingkai-bingkai indah dalam galeri ini tidak hanya didominasi oleh seniman dalam negeri, melainkan dari berbagai negara. Hal ini juga yang memberikan atmosfer berbeda dan lebih berwarna.
Agung Rai Art Gallery
 Jl. Peliatan Peliatan Ubud Gianyar
+62 361 974562

Menikmati keindahan pulau Dewata, tidak hanya melulu soal keindahan alam atupun tradisi budaya masyarakatnya saja. Dengan berwisata seni ke tempat-tempat galeri diatas, anda juga bisa merasakan sisi lain pulau Bali melalui keindahan karya seninya. Berlibur ke Bali tentunya akan lebih menyenangkan jika anda terlebih dahulu sudah pesan hotel murah di Bali Cara melakukan pesan kamar hotel di Bali kini lebih mudah karena anda hanya perlu klik situs Reservasi.com  Selamat berwisata seni!