Cara Mengurangi Dampak Bencana Gunung Berapi

Setelah sebelumnya MaoliOka berbagi tentang Apa Itu Fenomena Gunung Api, berikut MaoiliOka ingin berbagi kembali tentang Cara Mengurangi Dampak Bencana Gunung Berapi.
Mengapa demikian karena dinegeri kita ini sangat sering terjadi bencana gunung meletus.
Bahkan baru baru ini gunung Sinabungpun meletuskan muatannya.

Cara Mengurangi Dampak Bencana Gunung Berapi

Cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak bencaa gunung merapi setidaknya melakukan - hal berikut ini :

a. mencari tahu sistem pengamanan yang berlaku yang ada di daerah masingmasing,

b. selalu mewaspadai bahaya yang menyertai letusan gunung berapi seperti gempa Bumi, hujan abu, lahar, banjir bandang, longsor, dan tsunami,

c. senantiasa melakukan perencanaan evakuasi, seperti selalu mempersiapkan baterai, senter, obat-obatan, makanan dan minuman untuk keadaan darurat, masker debu, dan kacamata untuk mengurangi dampak hujan debu,

d. selalu menyimpan nomor-nomor telepon lembaga tanggap darurat.

Lebih mudahnya kita dapat mencoba membaca kondisi alam yang ada. Misalnya, saat hewan-hewan gunung mulai turun, dapat diprediksikan bahwa akan terjadi bencana letusan gunung. Hewan memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan Bumi sebelum terjadi bencana alam. Misalnya Kodok di L’Aquila dan semut merah hutan yang dapat mendeteksi akan datangnya gempa Bumi beberapa hari sebelum bencana terjadi. Contoh lainnya hewan kijang yang turun gunung sebelumnya terjadiny letusan gunung berapi.


Setidaknya dengan melakukan cara - cara tersebut kita bisa melakukan hal - hal untuk melindungi diri dan orang lain disekitar kita lebih cepat.

Selain itu saat terjadi letusan gunung berapi pastilah akan terjadi gempa, jika kita berada jauh dari sumbernya untuk menguragi dampak kecelakaan atau dampak bencanna yang lebih parah pada diri kita, bisa melakukan tips berikut ini :

Tips yang dapat dilakukan saat terjadi gempa bumi

1. Bersembunyilah di kolong meja yang kuat, lindungi kepala dengan bantal.
2. Hindari dekat-dekat dengan kaca.
3. Berjalanlan dengan tenang saat akan keluar gedung, tunggu hingga gempa berhenti.
4. Jangan lupa selalu lindungi kepala dengan benda lunak, seperti tas.
5. Tetap berdoa pada Tuhan untuk memohon pertolongan-Nya.


Demikian Cara Mengurangi Dampak Bencana Gunung Berapi, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel