Gerak Bumi dan Bulan Serta Peristiwa Yang Terjadi Karena Gerakan Tersebut

Setelah sebelumnya MaoliOka menuliskan tentang Gerak - Gerak Planet yang ada di alam semesta ini, kali ini MaoliOka ingin menulsikan lebih dekat lagi dengan kita, yaitu tentang Gerak Bumi dan Bulan Serta Peristiwa Yang Terjadi Karena Gerakan Tersebut.
Apa saja gerak yang dilakukan bumi dan bulan, berikut uraiannya.

Pernahkah kita mengamati pergerakan bulan di malam hari?
Mungkin ada yang bertanya, mengapa wajah bulan selalu berubah dari hari ke hari?
Apakah gerak bulan sama seperti gerak matahari?
Bagaimana pengaruh gerak bulan dan matahari terhadap bumi?

A. Fase Bulan

Gaya gravitasi bulan terhadap bumi mengakibatkan terjadinya pasang surut air laut. Air laut akan pasang saat permukaan bulan atau matahari menghadap langsung ke bumi. Gaya gravitasi bumi terhadap bulan yang lebih besar daripada gaya gravitasi bulan terhadap bumi menyebabkan bulan berevolusi terhadap bumi. Rata-rata waktu yang diperlukan bulan untuk berevolusi terhadap bumi sama dengan rata-rata waktu yang diperlukan bulan untuk berotasi pada sumbunya, yaitu 29 hari hingga 30 hari.

Periode revolusi dan periode rotasi yang sama ini mengakibatkan wajah bulan yang menghadap bumi selalu sama. Sementara bulan berevolusi terhadap bumi, bumi dan bulan juga bersama-sama berevolusi terhadap matahari. Hal tersebut mengakibatkan perubahan fase bulan setiap harinya. Agar kita lebih memahami fase-fase bulan, amati Gambar Pase bulan di bawah ini.

pase bulan
Pase Bulan

Para ahli astronomi mengakui adanya dua jenis bulan, yaitu:
1. Bulan Sinodis, yaitu fase orbit bulan selama 29,5 hari.
2. Bulan Sideris, yaitu fase orbit bulan selama 27,5 hari.

Selain mengakibatkan perubahan fase bulan, revolusi bumi dan bulan terhadap matahari juga mengakibatkan beberapa kejadian langka yang sangat menarik, di antaranya adalah gerhana bulan dan gerhana matahari. Gerhana bulan terjadi ketika bulan, bumi, dan matahari terletak pada garis lurus.

Cahaya matahari yang menuju bulan terhalang oleh bumi, sehingga bulan tampak gelap. Gerhana matahari terjadi ketika bumi, bulan, dan matahari terletak pada garis lurus. Cahaya matahari yang menuju bumi terhalang bulan, sehingga bayangan bulan mengakibatkan bagian bumi yang tertutup tersebut menjadi gelap.

B. Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari

Sama seperti bumi, bulan tidak memiliki cahaya. Bulan tampak bersinar terang karena memantulkan cahaya dari matahari. Namun, bagaimana jika cahaya matahari yang akan menuju bulan terhalang oleh bumi?
Kejadian tersebut dinamakan gerhana bulan.

Berikut gambaran terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari. Sialhakn perhatikan posisi buan dan matahari serta buminya.

gerhana bulan dan matahari


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel