Gerakan - Gerakan Planet

Setelah sebelumnya MaoliOka menuliskan tentang karakteristik komponen tata surya yang meliputi planet - planet, komet, asteroid dan meteor, kali ini MaoliOka ingin menuliskan tentang gerakan - gerakan planet.
Apa saja gerakan - gerakan planet itu dan hukum apa yang terkait gerakan - gerakan planet tersebut, mari kita ulas bersama.

Gerakan - Gerakan Planet 

Gerak benda langit yang berputar pada sumbunya disebut rotasi. Gerak benda langit mengelilingi benda langit yang lainnya disebut revolusi. Periode rotasi bumi atau waktu yang diperlukan bumi untuk berputar satu kali pada porosnya adalah 23 jam 56 menit 4 detik (24 jam). Periode revolusi bumi atau waktu yang diperlukan bumi untuk mengelilingi matahari satu kali adalah 365 ¼ hari atau 1 tahun. Periode revolusi bulan terhadap bumi adalah 29 ½ hari atau 1 bulan.

Periode rotasi dan revolusi planet-planet dengan kecepatan yang berbeda-beda yaitu seperti pada tabel  berikut.

Hukum Keppler

Hukum Keppler

Pergerakan planet-planet dalam sistem tata surya lebih lanjut dijelaskan oleh Johannes Keppler (1600 M) melalui ketiga Hukum Keppler berikut.

1. Hukum Keppler I

Planet-planet mengorbit matahari dalam lintasan Elips.

Hukum Keppler

2. Hukum Keppler II

Garis hubung matahari dan planet dalam waktu yang sama menyapu luasan yang sama
Hukum Keppler

3. Hukum Keppler III

Periode revolusi planet bertambah besar seiring dengan pertambahan jaraknya atau
Hukum Keppler

Demikian tentang Gerakan - Gerakan Planet  dan hukum yang mengenai gerakan - gerakan planet tersebut. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel