Jenis Irama Dasar Musik Barat

Jenis Irama Dasar Musik Barat yaitu sebagai berikut :

a. Mars

Irama mars adalah komposisi musik dengan irama teratur dan kuat. Musik jenis ini secara khusus diciptakan untuk meningkatkan keteraturan dalam berbaris sebuah kelompok besar, terutama barisan tentara. Irama mars paling sering dimainkan oleh korps musik militer.

Lagu mars biasanya ditulis dalam birama genap 2/4, 4/4, tetapi kadang-kadang dalam birama 6/8. Mars militer dapat dibagi menjadi empat kategori, yaitu:
- mars pemakaman,
- mars lambat (75 langkah per menit), 2 langkah per birama,
- mars cepat (109 hingga 128 ketukan per menit),
- mars cepat ganda (140 hingga 150 ketukan per menit).

Musik mars modern mulai berkembang di kalangan korps musik militer Eropa pada awal tahun 1500-an. Instrumen musik drum, simbal, terompet yang ditinggalkan tentara Kerajaan Ottoman Turki segera diadopsi ke dalam musik militer Eropa. Kemajuan tersebut berperan besar dalam perkembangan awal korps musik militer modern.

Korps musik militer telah menjadi sesuatu yang umum pada masa Perang Revolusi Amerika (1775–1783). Musik mars juga telah dibakukan menjadi tiga bentuk, yaitu mars lambat/parade, mars cepat, dan mars serangan atau cepat ganda.

Lagu mars populer di kalangan masyarakat umum, sejak paruh kedua abad ke-19, dan mencapai puncaknya pada pertengahan tahun 1900-an. Pada awal abad ke-20. Setelah lagu dipakai sebagai pengiring standar untuk dansa two-step, lagu mars berkembang sebagai musik untuk hiburan luar ruang dan berdansa.

b. Waltz

Irama waltz yang dalam tradisi musik Jerman disebut Walzer, di Perancis disebut Valse, di Italia dinamakan Valzer, di Spanyol disebut Vals, dan di Polandia disebut Walc, kemungkinan berasal dari Jerman. Waltz dikenal sebagai musik pengiring dansa tiga langkah atau tiga ketukan (dalam tradisi Sunda disebut Ketuk Tilu), sering ditulis dalam tanda birama 3/4.

Irama waltz mencapai popularitas sejak berakhirnya perang dunia I. Ketika itu kiblat musik ringan Eropa bergeser dari Wina ke Berlin. Maka komposisi oleh komposer seperti Gustav Mahler, Igor Stravinsky, dan William Walton yang bergenre waltz diperlakukan sebagai pengiring tarian nostalgia yang aneh sebagai sesuatu dari masa lalu.

Akhirnya musik waltz tetap terus ditulis oleh komposer musik ringan, seperti Eric Coates, Robert Stolz, Ivor Novello, Richard Rodgers, Cole Porter, Oscar Straus, dan Stephen Sondheim. Di abad ini musik waltz lambat cukup dominan sebagai musik iringan tari waltz dalam bentuk ballroom.

c. Balada

Balada atau ballad adalah jenis irama musik barat yang biasanya berisi narasi atau kisah hidup. Balada secara khusus merupakan karakteristik dari puisi dan lagu populer dari Kepulauan Inggris dari periode abad pertengahan sampai abad ke-19 dan digunakan secara luas di seluruh Eropa dan kemudian Amerika, Australia dan Afrika Utara.

Bentuk ini sering digunakan oleh penyair dan komponis dari abad ke-18 untuk menghasilkan balada liris. Pada abad ke-19, musik ini membutuhkan makna dari lagu cinta populer. Sekarang balada sering digunakan sebagai nama lain lagu cinta, khususnya power ballad pop atau rock.

Lagu-lagu balada biasanya ditulis dalam birama yang bervariasi, misalnya 4/4 atau 6/8. Jika
tidak jeli memperhatikan tema lagunya, lagu berirama balada nyaris sama dengan lagu-lagu pop atau slow rock biasa.

d. Rock

Musik rock adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun ‘50-an. Musik ini berakar dari musik rhythm and blues, musik country, serta berbagai pengaruh lainnya. Musik rock juga meniru gaya dari berbagai genre musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.

Instrumen khas dari musik rock berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum.

Keyboard seperti organ, piano atau synthesizer, saksofon dan harmonika juga turut melengkapi musik rock ini. Dalam bentuk murninya, musik rock bercirikan beat yang kuat.

Dalam perkembangannya, musik rock beradaptasi dan berkolaborasi dengan berbagai genre musik lainnya. Yang berkolaborasi dengan musik folk menjadi folk rock. Dengan blues menjadi blues-rock. Yang dengan jazz, menjadi jazz-rock fusion.

Rock juga terpengaruh musik soul, funk, dan musik latin. Heavy metal, hard rock, progressive rock, dan punk rock juga muncul dengan kolaborasi tersebut. Sub kategori rock yang mencuat di antaranya yang dikenal New Wave, hardcore punk, dan alternative rock. Juga terdapat grunge, britpop, indie rock dan nu metal.

Grup band beraliran rock biasanya terdiri atas pemain gitar, penyanyi utama (lead singer),
pemain gitar bass, dan drummer (pemain drum).

e. Country

Musik country adalah campuran dari sejumlah unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan. Musik ini berakar dari lagu rakyat Amerika Utara, musik kelt, musik gospel, dan berkembang sejak tahun 1920-an. Istilah musik country mulai dipakai untuk menggantikan istilah musik hillbilly yang terkesan merendahkan. Istilah musik country telah menjadi istilah populer sejak tahun 1970-an. di Inggris dan Irlandia genre musik ini dikenal dengan sebutan country and western.

Penyanyi pop Elvis Presley mengawali kariernya dengan memainkan musik berirama country. Tetapi kemudian beralih ke musik rock and roll. Kini penyanyi dan pemusik Taylor Swift merupakan musisi country yang paling dikenal di dunia.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel