Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Hardisk Eksternal Terbaik yang Berkualitas

Tips Memilih Hardisk Eksternal Terbaik yang Berkualitas
Keterbatasan storage pada pc dan laptop saat ini bisa diatasi dengan pemakaian perangkat mini dengan kerja maksimal. Bagi Anda yang aktivitasnya selalu berhubungan dengan komputer dan laptop, pasti sudah tidak asing dengan hardisk eksternal terbaik. Fungsi dari produk ini hampir sama dengan flashdisk, hanya saja kapasitasnya lebih besar bahkan ada yang satu tera lebih.

Namun untuk memiliki eksternal hardisk, Anda harus menyiapkan kocek yang lebih besar. Karena itu, Anda harus benar-benar memilih produk yang tepat, memiliki kualitas baik dan tidak gampang rusak. Cari info sebanyak-banyaknya terlebih dahulu agar tidak menyesal nantinya.

Kunci Memilih Hardisk Terbaik yang Tidak Gampang rusak

Anda butuh tips dan trik yang tepat untuk memilih hardisk eksternal. Saat ini banyak sekali merk hardisk eksternal terbaik yang dijual di pasaran namun tidak semanya memiliki kualitas yang bagus.
Jangan terkecoh dengan tampilan yang elegan dan harga murah namun nantinya gampang rusak. Jika produk tersebut tidak berfungsi maksimal, Andalah yang akan dirugikan nantinya karena file yang ada didalamnya tidak bisa diakses.
Nah, sebagai patokan untuk memilih hardisk yang bagus, perhatikan beberapa tips dibawah ini.

1. Tentukan kapasitas yang dibutuhkan

Hampir semua jenis pekerjaan saat ini membutuhkan hardisk sebagai media penyimpanan yang aman dan berkapasitas besar. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa harga produk ini lumayan mahal. Semakin besar kapasitasnya maka bertambah tinggi pula harganya.

Karena itu jika budget masih pas-pasan, sebaiknya tentukan berapa kapasitas yang dibutuhkan. Namun jika dana yang Anda miliki cukup banyak, sangat disarankan untuk membeli hardisk eksternal terbaik yang kapasitasnya besar agar bisa menyimpan semakin banyak data.

2. Kecepatan rotasi

Dalam media penyimpanan tersebut terdapat sebuah piringan yang terus berputar saat digunakan. Fungsi dari bagian berbentuk piringan tersebut adalah untuk membaca dan menulis data. Semakin cepat perputarannya maka semakin bagus pula kinerjanya.

Kecepatan rotasi bisa Anda ketahui pada info yang terdapat pada casing luar. Rata-rata hardisk eksternal saat ini memiliki kecepatan 5400 RPM sampai 7200 RPM. Namun saat ini banyak juga produk yang berani menanamkan piringan dengan kecepatan 10.000 RPM.

3. Konektivitas

Konektivitas juga mempengaruhi proses transfer data. Saat ini kebanyakan hardisk sudah memakai USB versi 3.0 yang lebih cepat dibandingkan dengan seri sebelumnya yaitu 2.0. Jika pc atau laptop yang Anda pakai masih menggunakan USB 2.0, masih bisa tersambung dengan hardisk dengan USB 3.0.

Beberapa produk baru saat ini juga ada yang menggunakan koneksi melalui port thunderbolt. Kecepatan yang diberikan berkali-kali lipat dari USB 3.0. Namun jika Anda ingin memiliki produk tersebut, siapkan budget yang lebih karena harganya lebih mahal dari hardisk dengan port biasa.

4. Cover hardisk

Meski bentuk dari eksternal hardisk sudah kuat karena dilapisi oleh bahan yang berkualitas, namun tetap saja fungsi dari cover sangat diperlukan. Tujuannya agar tidak kotor dan cepat rusak. Jika produk tersebut hanya Anda bawa saat ke kantor ataupun di rumah, penutup dengan bahan sederhana sudah cukup.

Namun bagi Anda yang hobi berpetualang, sebaiknya pilih cover dengan bahan yang kuat seperti karet agar tidak rusak saat terkena benturan. Harga hardisk eksternal sudah termasuk dengan covernya, namun tidak ada salahnya jika Anda membeli secara terpisah jika tidak puas dengan material cover tersebut.

5. Fitur tambahan

Hardisk eksternal saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan namun ada juga yang tidak. Jika Anda tidak mau repot, sebaiknya pilih produk yang sudah ada fitur didalamnya supaya bisa langsung dipakai. Beberapa jenis fitur yang ada di eksternal hardisk diantaranya adalah backup dan password protection.

Selain kelima tips yang disebutkan diatas, jangan lupa cek garansinya. Lamanya garansi yang diberikan berbeda-beda, ada yang satu tahun bahkan seumur hidup. Jika Anda sedang mencari hardisk eksternal terbaik dengan harga yang terjangkau, kunjungi saja website Bhinneka.com. Situs penjualan hardisk online terpercaya ini memberikan pelayanan yang maksimal. Semua produk yang Anda butuhkan ada disini dan banyak promo menarik yang disediakan.