Gula Cokelat dan Gula Cair sebagai Pemanis dalam Aneka Hidangan

Jenis dari gula coklat sesungguhnya cukuplah banyak. Artikel berikut akan mengulas lengkap mengenai macam dari gula coklat.
Aren: Gula ini terbuat dari sari pohon aren atau enau. Warnanya cokelat gelap, bertekstur kasar, dan kebanyakan dijual dalam bentuk silinder. Rasanya yang manis-gurih seperti permen susu dan aroma yang wangi cocok digunakan dalam minuman-minuman tradisional Indonesia seperti cendol dan ronde. Selain itu, gula aren juga menjadi alternatif pemanis adonan kue serta digunakan dalam semur dan gudeg.

Jawa/Merah: Gula ini sering tertukar dengan gula aren karena sekilas fisiknya terlihat sama. Padahal dari bahan dasar, gula jawa terbuat dari sari pohon kelapa. Anda bisa melihat perbedaan paling jelas dari segi warnya yang cokelat terang. Dalam masakan, gula jawa sering dijadikan bahan baku kecap. Meskipun rasa manis-legitnya tidak sekuat gula aren, gula jawa juga bisa digunakan untuk kue, puding, atau dicampurkan dalam minuman. Lalu bagaimana untuk cara menguatkan usaha Anda? Gunakanlah sewa genset Surabaya untuk menguatkan bagian produksi dari usaha Anda.

Palem/Semut: Pada intinya gula palem merupakan gula aren atau gula jawa yang dihaluskan. Sering juga dijuluki gula semut karena warnanya yang cokelat seperti semut. Gula palem memiliki aroma wangi seperti gula jawa dan aren sehingga sering digunakan untuk membuat ontbijkoek, fruit cake, dan kue-kue kering.

Cokelat: Masyarakat memang lebih akrab dengan istilah brown sugar tapi gula ini tidak banyak digunakan dalam masakan khas Indonesia. Gula cokelat memiliki dua jenis warna yakni terang (light) dan gelap (dark). Gula cokelat awalnya adalah gula putih yang dituang sirup molase. Seberapa banyak sirupnya akan berpengaruh pada warna akhir dan rasa gula. Rasanya pun tidak semanis gula putih.  Namun baik light brown sugar atau dark brown sugar, keduanya biasa digunakan sebagai bahan baku kue dan roti. Jangan lupa, sewa genset Surabaya juga biasa digunakan oleh perusahaan terkemuka untuk memberikan energi listrik tambahan bagi usaha mereka.

Gula Cair (Liquid Sugar) dan Lain-Lain
Karamel: Merupakan hasil dari pemanasan gula pasir. Warnanya cokelat hingga kehitaman tergantung seberapa lama pemanasannya. Hal tersebut juga dapat mempengaruhi rasa karamel dimana semakin lama dipanaskan, karamel dapat berubah menjadi hitam dan pahit. Aromanya yang wangi membuat karamel sering digunakan sebagai saus, pewarna, penambah rasa, serta pembangkit aroma dalam makanan atau minuman pencuci mulut

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel