Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pancasila sebagai dasar negara mengandung arti bahwa pancasila merupakan pegangan atau landasan hukum negara Republik Indonesia. Pancasila harus menjadi sandaran hukum yang berlaku. 
Atau dengan kata lain semua hukum yang ada itu harus berdasarkan nilai- nilai yang terkandung dalam pancasila.

Arti Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pembahasan :

Ideologi Pancasila adalah sebuah julukan dari lima dasar kehidupan dan pandangan masyarakat sebagai warga negara. dan warga negara harus wajib mendukung dan mampu mengkondisikan dalam kehidupan sehari-hari ( sebagai pandangan Hidup)

Pancasila sebagai aplikasi kehidupan dapat kita lihat mengenai Pancasila dijadikan sebagai sumber segala hukum. Hal tersebut juga berkaitan dengan Segala Kebijakan Pemerintahan pusat dan pemerintah daerah yang dilarang keras menetapkan kebijakan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan dapat dikatakan Pancasila sebagai dasar Negara untuk melaksanakan hak dan kewajiban masyarakat dalam kehidupan bernegara. (Dasar negara dan Ideologi Negara)

Yang dimaksud Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum adalah undang-undang yang telah disahkan oleh parlemen ataupun pemerintah merupakan implementasi dari Pancasila. dan semua peraturan perundang-undangan yang ada baik tingkat pusat ataupun daerah harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

Oleh sebab itu Pancasila dikatakan mutlak sebagai falsafah Negara, pandangan hidup, dasar negara, Sistem dasar ketatanegaraan, dan arah politik.

Hal tersebut juga mencabang dalam hal perundang-undangan nasional dikarenakan UU adalah hal dari implementasi Pancasila sebagai filsafat ideologi negara secara sah.

Selain itu, juga ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan bahwa Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum negara. 

Penempatan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum negara adalah sesuai dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pancasila ditempatkan sebagai dasar dan ideologi negara serta sekaligus dasar filosofis bangsa dan negara sehingga setiap materi muatan peraturan perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Lebih lanjut dijelaskan Pancasila sebagai dasar negara menurut Notonegoro seperti dikutip oleh Darji Darmodihardjo, SH (1995:8) dinyatakan bahwa “diantara unsur-unsur pokok kaidah negara yang fundamental, asas kerohanian Pancasila adalah mempunyai kedudukan istimewa dalam hidup kenegaraan dan hukum bangsa Indonesia. Norma hukum yang pokok disebut pokok kaidah fundamental dari negara itu dalam hukum mempunyai hakikat dan kedudukan yang tetap, kuat dan tak berubah bagi negara yang dibentuk, dengan perkataan lain dengan jalan hukum tidak dapat diubah”.

Dari pernyataan di atas tersebut, dapat disimpulkan bahwa fungsi dan kedudukan
Pancasila adalah sebagai kaidah negara yang fundamental atau dengan kata lain sebagai dasar negara.

Kesimpulan

Fungsi dan peran Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
  • Sebagai Dasar dan sumber segala hukum yang ada => Undang undang yang telah disahkan harus bersumber dari nilai Pancasila
  • Sebagai pandangan hidup dalam konteks warga negara
  • Menyeleksi Segala hal ancaman yang mengancam integrasi nasional
  • Sebagai bentuk dari penyajian tindakan HAM, Demokrasi, dan kedaulatan rakyat
  • Aturan Ideologi terbuka

Oleh karenanya kita harus selalu waspada dalam Segala tindakan yang ingin menggantikan ideologi Pancasila dikarenakan tindakan tersebut merupakan ancaman integrasi bangsa baik Secara horizontal dan vertikal.

Alsasan mengapa nilai pancasila sangat berpengaruh terhadap perilaku yang bertentangan dengan pancasila dikarenakan sejatinya nilai - nilai yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila otomatis akan bertentangan dengan nilai-nilai kepribadian masyarakat Indonesia

Arti Penting Ideologi

Apabila suatu negara tidak mempunyai dasar negara dan pandangan hidup, maka negara tersebut mudah akan terpengaruh ancaman asing bahkan tindakan pelanggaran HAM

Sumber tulisan brainly

Karena ini sangat penting jadi coba saya gabungkan beberapa tulisannya supaya menjadi satu. 

Posting Komentar untuk "Arti Pancasila Sebagai Dasar Negara"