Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Kehamilan Istriku dan Cara Membaca Hasil USG

Beberapa waktu lalu istri saya melakukan USG karena merasa penasaran dengan beberapa hal berikut ini seperti ingin melihat kondisi calon bayi didalam rahim, ingin melihat jenis kelamin calon bayi dan tidak ketinggalan ingin mengetahui perkiraan lahiran. 

Hal lain yang menjadi alasan ingin dilakukannya pengecekan USG adalah informasi pemeriksaan dari bidan yang mengatakan bahwa janinnya kecil. Dengan informasi seperti itu sayapun menjadi penasaran.

Dan setelah mencari jadwal yang pas, akhirnya ada kesempatan untuk USG. Dengan USG kita bisa mengetahui beberapa kondisi dari calon bayi kami. Bisa mengetahui berat badan calon bayi kami didalam rahim tentu saja dengan penjelasan apakah beratnya normal atau tidak dari dokter yang memeriksanya.

Waktu itu untuk berat calon bayi kami diperkirakan melalui hasil USG normal - normal saja. Alhamdulillah. 

Meski demikian istri tetap merasa tidak enak atau hawatir dengan informasi dari bidan yang mengatakan bayinya kecil. Ketidak enakan itu kemudian membawanya untuk mencari informsai dari sumber lain.  Setelah beberapa lama akhirnya mendapatkan informasi perkiraan berat janin dalam rahim.

Dan nampaknya jika dilihat dari kisaran berat calon bayi yang ada dalam rahin yang dihubungkan oleh usia kehamilan, berat janin memang kurang beberapa gram dari batas minimal. 

Mungkin manurut dokter hal tersebut masih normal tidak berbahaya. Namun karena istri merasakan kehawatiran, akhirnya meminta saran ke bidan supaya bisa naik berat badanya. Diberikanlah saran untuk lebih banyak meminum susu ibu hamil. 

Selain berat badan calon bayi kami yang ddapatkan, informasi posisi calon bayip kami didalam rahimpun kami dapatkan. Dan ternyata posisi sungsang. hik..hik.. 

Dengan informasi tersebut makin membuat perasaan istri tidak nyaman . Namun saya coba menenangkan dengan berbagai sugesti supaya tidak begitu hawatir. Selain itu mencoba beberapa gerakan ibu hamil supaya tidak sungsang. Seperti perbanyak posisi sujud.

Istripun melakukannya sehari bisa lebih dari 6 kali melakukannya dengan waktu yang tidak sebentar. Kenapa bisa semangat seperti itu, karena waktu diperiksa itu dokternya bilang jika tetap sungsang sampai waktu mau melahirkan jalan aman untuk melahirkan calon bayinya adalah melalui oprasi cesar. Untuk melahirkan cesar tentu saja harus dirumah sakit tidak bisa dibidan.

Dengan demikian tekat istri supaya calon bayi kami tidak sungsang semakin menggebu.

Setelah beberapa waktu dijalani yang pertama perbanyak minum susu ibu hamil untuk menambah berat badan calon bayi kami dan yang kedua perbanyak posisi sujud. Alhamdulillah janin kami tidak sungsang lagi. Dan untuk beratnya Alhamdulilah tidak dibawah kisaran lagi.

Oia informasi lain yang kami dapatkan dari USG adalah jenis kelamin calon bayi kami. Alhmdulillah infromasinya calon bayi kami adalah perempuan.

Kini waktu lahir semakin dekat mudah - mudahan lahiran anak kami lancar, anak kami sehat dan jadi anak solehah serta kami sebagai orang tua mudah - mudahan jadi orang tua yang soleh. Serta yang mendoakanpun jika sedang mengandung semoga lahiran dengan lancar selamat bayi dan ibunya dan melahirkan anak yang soleh dan atau solehah. Jika sedang berusaha ingin memiliki keturunan mudah mudahn segera dikaruniai anak yang soleh dan atau solehah dan tentu saja dengan kelahiran yang lancar. Jika yang medoakan seorang laki laki mudah - mudahan mendapatkan pasangan yang solehah dan anak yang soleh dan atau solehah. aamiin

Nah itulah kisah kehamilan istriku.


Cara Membaca Hasil USG

Berikutnya adalah cara membaca hasil USG. Hal ini kami dapatkan dari hasil pemeriksaan dan beberapa sumber. Mudah - mudahan bermnafaat.

Silahkan simak gambar hasil USG di bawah ini.


Diatas adalah contoh print out hasil USG, dikanan ada tulisan - tulsan gitukan ya. Nah berikut cara membacanya. Semua itu singkatan dalam bahasa inggris kedokteran. Foto tersebut merupakan hasil keterangan yang didapat dari pemeriksaan beberapa bagian dari gambar ada 4 bagian yang dieperiksa.

1. BPD ( BiPariantel Dieameter) artinya Ukuran Pelipis Janin

2. GA ( Gestational Age) artinya Perkiraan Usia Kehamilan

3. EDD ( Estimated Due Date) artinya hari perkiraan lahir

4. AC ( Abdominal Circumfarance) Artinya mengggambarkan ukuran perut calon bayi kita.

5. EFW Artinya perkiraan berat calon bayi kita.

Nah itulah yang saya ingat dan saya dapatkan terkait cara membaca Hasil USG. Semoga bermanfaat. aamiin.


Posting Komentar untuk "Kisah Kehamilan Istriku dan Cara Membaca Hasil USG"