Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuangan Bisnis Belum Dikelola dengan Baik? Intip Caranya


Pengelolaan keuangan dalam sebuah bisnis termasuk usaha kecil sangatlah penting. Anda akan tahu laba rugi dari pengelolaan keuangan ini. Salah satu caranya adalah dengan mengenal apa itu akuntansi dan menerapkannya. 

Ilmu akuntansi yang mencatat soal pengeluaran pemasukan sampai dengan pembuatan laporan ini, memudahkan pengusaha tahu kondisi keuangan. Selama mempelajari akuntansi, masih banyak tips lain yang bisa diikuti. 


Tips Pengelolaan Keuangan dalam Bisnis yang Efektif 

Tidak mudah bagi pengusaha pemula langsung bisa mengatur keuangan usahanya dengan sangat baik dan rapi. Semua bermula dari belajar dan melalui kesalahan, dari situlah Anda bisa mempelajari mana yang benar. 

Urusan keuangan sangat vital dalam bisnis, apalagi jika Anda meminjam uang di bank untuk modal. Catatan keuangan yang baik akan membantu Anda untuk memprediksi, menciptakan tujuan dan membentuk strategi dalam berbisnis. 

Bagaimana sebaiknya Anda melakukan pengelolaan keuangan bisnis lebih efektif bisa menyimak tips berikut ini. 

1. Memisahkan Keuangan Bisnis dengan Pribadi

Cara pertama yang wajib dilakukan adalah dengan memisahkan keuangan untuk usaha dan juga pribadi. Anda bisa memisahkannya dengan rekening berbeda sehingga tidak bercampur. 

Apabila Anda masih mencampurnya, bisa jadi kerugian usaha akan muncul dalam jangka waktu dekat. Anda akan sulit melakukan tracking berapa keuntungan yang didapatkan. 

Biasanya hal ini paling sering terjadi pada usaha kecil yang baru dirintis. 

2. Menciptakan Kas Kecil dan Mengontrol Arusnya 

Memudahkan operasional bisnis sehari-hari Anda perlu untuk membuat kas kecil. Kas ini harus berisi uang yang dapat digunakan untuk keperluan mendadak. Namun arusnya sendiri perlu dikontrol dengan benar. 

Pertama semua pengeluaran harus ada catatannya. Kedua uang kas harus dikembalikan segera setelah digunakan. Anda bisa mengembalikan di hari yang sama atau mingguan, semua tergantung dengan tinggi rendahnya operasional. 

3. Membuat Pembukuan Keuangan

Bukan hanya kas kecil saja yang membutuhkan catatn namun juga seluruh operasional usaha setiap harinya. Baik itu transaksi, modal berjalan sampai dengan uang yang harus dikembalikan jika Anda meminjam. 

Anda bisa mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara untuk membuat pembukuan keuangan yang benar. Selain itu pembukuan harus dicatat dengan rapi dan rutin. Jangan lupa buat agar mudah untuk dibaca. 

4. Jangan Menunda Pembayaran Tagihan

Semua usaha pasti memiliki tagihan yang harus dibayarkan, mulai dari listrik, internet, bahkan pinjaman modal. Begitu juga tagihan dari supplier, Anda tidak boleh menyepelekan dan menunda untuk membayar. 

Semua tagihan tersebut harus dibayar tepat waktu, jika tidak operasional usaha yang akan terkena dampaknya. Misalnya saja Anda terlambat membayar tagihan pinjaman, jika ada bunga maka uang yang harus dibayar akan bertambah besar. 

begitu juga tagihan dari supplier, jika terlambat Anda tidak akan mendapatkan pasokan bahan baku lagi. Kepercayaan dari supplier pun akan hilang pada bisnis Anda.

5. Pastikan Selalu Menghitung Keuangan Terperinci

Kelalaian dalam menghitung keuangan sering terjadi pada pebisnis baru. Karena menunda menghitung Anda tidak akan tahu berapa pemasukan dan keuntungan yang didapatkan. Padahal dengan tahu akan informasi tersebut, Anda bisa menentukan strategi bisnis. 

Demi memudahkan pekerjaan Anda dalam menghitung keuangan, kini bisa memanfaatkan aplikasi atau software akuntansi. Penghitungan akan otomatis dilakukan dan Anda hanya perlu melakukan input dengan teliti saja. 

6. Menghemat Biaya Perjalanan

Bagi Anda yang ingin keuangan bisnis jauh lebih sehat maka tetap menjaga pengeluaran sangatlah penting. Salah satunya adalah biaya perjalanan yang biasanya menghabiskan begitu banyak pengeluaran. 

Jika sekiranya perjalanan bisnis tidak terlalu penting Anda bisa menggantikannya dengan pertemuan online. Bahkan tanda tangan kontrak pun kini bisa dikirim melalui faksimili. 

7. Menciptakan Rencana Keuntungan

Bekerja dengan target akan membuat bisnis Anda semakin meningkat. Begitu juga dengan keuangan harus ada rencana keuntungannya. Anda bisa membuat perhitungan keuntungan dari usaha berdasarkan operasional yang berjalan. 

Pastikan perhitungannya sudah tepat setelah dikurangi pajak, biaya operasional, dll. Keuntungan ini akan menjadi pemicu Anda untuk semakin mengembangkan usaha. 

Jadi apakah Anda sudah menerapkan salah satu tips ini atau justru belum sama sekali. Mulai sekarang mulailah untuk melakukannya dengan rutin jika ingin bisnis jadi lebih berkembang. 


Posting Komentar untuk "Keuangan Bisnis Belum Dikelola dengan Baik? Intip Caranya "