Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pinjaman Dana Online Jangan Asal Mudah

Beberapa waktu lalu ada teman bercerita tentang mudahnya meminjam dana online pada saat ini, cukup modal KTP, nomor telpon pribadi dan nomor telpon orang terdekat yang bisa dihubungi daftar pagi sore bisa cair dananya selain itu bunganya juga ringan dan tetap. Saya hanya bisa membalas informasi yang diberikan oleh teman saya itu dengan sebuah kata wawwww.

Ceritapun berlanjut, tampak dari raut wajah dan dari gaya berbicara teman saya itu jika hatinya itu berbunga - bunga karena sudah memiliki sejumlah uang yang sedang diperlukannya dengan cara yang tidak sulit. Ceritapun mulai saya pahami pada titik jumlah pinjaman yang diajukan dengan jumlah uang yang diterima. Ternyata ada hal yang mengganjal.

Hal yang mengganjal dari mudahnya pinjaman tersebut adalah jumlah uang yang dipinjam dengan jumlah uang yang diterima oleh teman saya. Sebagai gambarannya seperti ini teman saya meminjam uang sebesar 1 jt rupiah ternyata yang didapatkannya itu tidak  1jt rupiah melainkan hanya 800 ribu saja dan celakanya ternyata yang harus dibayar lebih dari 1 jt rupiah. Waww.

Mungkin bisa jadi perusahaan yang meminjamkan mengatakan bunga ringan misalkan misalkan 5 % saja. Jika 5 % dari dari 1 jt rupiah bunganya hanya 50 rb saja. Namun ingat yang dibawa pulang sudah dikurangi duluan sebesar 20 %. Ini luar biasa besarnya.

Saya akhirnya tidak bisa banyak berkata karena semua sudah terjadi dan teman saya sepertinya sudah gembira dengan apa yang sudah terjadi kepadanya. Rasanya tidak tega jika harus mengatakan bahwa dia sedang dikerjain. Saya hanya bisa banyak tersenyum sambil menyimak, namun pada akhir cerita sempat saya katakan sambil becanda jika mau minjam biar aman mending langsung saja ke bank resmi biar lebih aman biar temanmu yang diberikan nomornya tenang tidak ditelponi saat jath tempo. ha.ha.ha.
Teman sayapun belum menyadarinya sambil membalas dengan tertawa juga.

Nah dari kisah diatas jika memang ingin meminjam uang baik online atapun offline sebaiknya perhatikan dulu lembaga atau tempat kita akan meminjam uang tersebut paling tidak perhatikan hal - hal berikut ini.



Tips Meminjam Uang

1. Cari Tempat Pinjam Yang Resmi dan Terdaftar di OJK

Harus terdaftar dan harus resmi karena jika tidak resmi pinjaman dari karyawannya saja bisa jadi dana yang kita dapatkan kurang seperti cerita diatas.
Jika tidak terdaftar di OJK pasti aturan mainya sudah mengikuti aturan yang berlaku.
Jangan sampai malah meminjam ke lintah darat.

2. Pinjam Seperlunya

Meminjam sesuai keperluan sangat penting sekali, karena jika pinjaman dana melebihi keperluan yang kita perlukan dana tersebut hanya akan menjadi beban dalam keuangan saja yang berarti menambah ruwetnya hidup. Misalkan perlunya 1 juta untuk pembayaran rumah sakit. Cukup 1 juta saja yang dipinjam jangan dilebihi misalkan untuk ongkosnya sebagai dana cadangan, sibaiknya hindari saja.

3. Sesuai Kemanpuan

Maksud sesuai kemampuan, yaitu kita harus menghitung kita bisa menyicil setiap bulan berapa. Misalkan kita setiap bulan hanya mampu mencicil 500 ribu rupiah. Jangan sampai kita mengambil cicilan yang melebihi kemampuan itu. Lebih kecil dari kemapuan itu lebih bagus. Kemapuan cicilan 500 ribu tapi kita ambil cicilan yang 300 ribu. 

4. Perhatikan Bunga Pinjaman

Pilih yang benar benar kecil saja bunganya, walaupun pasti tidak akan jauh berbeda karena merekapun para pengusaha pinjaman ingin ada pelanggan. Namun pilih saja yang ringan biar tidak jadi beban hidup.

5. Perhatikan Kontrak Pinjamannya

Nah tidak kalah penting, karena biasanya suka malas membaca. Baca dulu perjanjian kontraknya jangan sampai ada poin yang membuat kita rugi. Perhatikan poin  demi poinnya.

6. Bayar Tepat Waktu

Nah yang berikutnya harus membayar tepat waktu. Jika pembayaran tidak melalui pemotongan tabungan atau pembayaran dilakukan manual, bayarlah sesui dengan waktu yang dijanjikan. Biar tidak menjadi beban hidup, apalagi jika uang cicilan smpai terbapai oleh hal lain yang mungkin tidak penting. 

Nah itulah tulisan kali ini tentang pinjaman dana online. Mudah mudahan menjadikan kita waspada. Biar mudah pilihlan pinjaman dari bank - bank resmi saja. Silahkan saja pilih, banyak banget bank bank nasional yang memberikan program penjaman dana. Mudahan kita selalu diberikan kaluasan rizqi yang banyak dan halal. aamiin.


Posting Komentar untuk "Pinjaman Dana Online Jangan Asal Mudah"