Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sanitasi Adalah: Berikut Cara Mempunyai Kebersihan Sanitasi

Sanitasi merupakan hal yang penting dan tidak bisa untuk dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Sanitasi dasar dan sistem sanitasi yang baik merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan. Sistem sanitasi adalah mengacu pada pengumpulan, pembuangan, dan juga pengolahan kotoran manusia maupun hewan. Sehingga limbah tersebut akan dapat dibuang dengan aman dan tidak menimbulkan bahaya.

Mempunyai sistem yang bersih akan memberikan manfaat bagi kesehatan, sehingga tidak mudah sakit dan bisa mencegah mengalami diare. Selain itu, keuntungan lain mengapa perlu untuk menjaga sanitasi lingkungan adalah karena bisa mendapatkan manfaat berikut ini.

  • Pertama tentunya akan mempunyai tempat tinggal yang nyaman untuk ditinggali karena mempunyai lingkungan yang bersih dan juga sehat.
  • Bisa untuk menghindari bau yang tidak sedap disebabkan oleh sanitasi lingkungan yang tidak terjaga dan dibersihkan dengan baik.
  • Akan aman dan tidak ada pencemaran lingkungan yang bisa untuk mengganggu kesehatan apabila tidak segera diatasi.
  • Akan bisa mengurangi penyebaran penyakit yang bisa dialami seperti demam berdarah, disentri, tipes, polio, kolera, dan juga lainnya.
  • Dapat mengurangi resiko terparah malnutrisi dan juga stunting.
  • Sanitasi lingkungan yang baik dapat untuk membuat kondisi air menjadi energi terbarukan yang didapatkan dari limbah tinja.

Sanitasi Adalah

Mendapatkan lingkungan sanitasi lingkungan yang bersih tersebut bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Pertama bisa untuk mempunyai dan menyediakan tempat penampungan limbah rumah tangga. Sediakan tempat sampah agar tidak membuat sampah berceceran dan ada pada tempatnya.
  • Bisa untuk membersihkan saluran pembuangan limbah secara rutin sehingga tidak terjadi penyebaran kuman.
  • Bisa untuk menyediakan suplay air bersih yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dalam rumah tangga.
  • Dapat untuk menjaga lingkungan agar mempunyai kondisi yang tepat bersih.


Selain di rumah tangga, bisnis yang menerapkan sanitasi yang bersih juga sangat diperlukan. Sehingga upaya dan konsisten bisnis yang menjaga sanitasi lingkungan tetap bersih tersebut bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan penghargaan Clean Water & Sanitation Awards yang diberikan oleh B20 Indonesia Sustainability. Penghargaan ini diberikan untuk dua pemenang yang terdiri dari perusahaan maupun UMK yang meningkatkan akses air bersih dengan sanitasi yang dikelola dengan baik.

Posting Komentar untuk "Sanitasi Adalah: Berikut Cara Mempunyai Kebersihan Sanitasi"