Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Perbedaan Lemak Jahat Dan Lemak Baik Pada Tubuh Anda

Sudah menjadi rutinitas tahunan, bahkan bagi sebagian devisi ditempak kami bekerja menjadi rutinitas 6 bulan melakukan medical chackup. Tidak jarang dari hasil medical chack up tersebut banyak program yang harus kami ikuti supaya kesehatan kami tetap terjaga. Salah satu yang harus mengikuti program kesehatan lanjutan setelah adanya medical check up adalah saya. Maklum berat badan saya ternyata sedikit berlebih dan beberapa hasil pemeriksaan darah saya diatas yang seharusnya.

Ada beberapa hal yang menarik ketika saya mencoba konsultasi dengan dokter terkait hasil medical check up yang saya miliki, terutama terkait dengan berat badan dan hasil cek darah.

Menjadi menarik karena terkait dengan komentar lemak dalam tubuh dan kaitannya dengan hasil cek darah, pada awalnya saya bertanya terkait konsumsi lemak harian saya dan terkait makanan yang harus dihindari penderita kolesterol seperti saya. Saya mengatakan berarti saya tidak boleh dong mengkonsumsi lemak sama sekali supaya tubuh saya menjadi sehat. 

Jawaban dokter justru panjang lebar terkait konsumsi lemak ini serta kaitannya dengan kesehatan saya. Sehingga sedikit banyaknya menjadi tahu bahwa dalam tubuh ini, ada yang namanya lemak jahat dan lemak baik yang juga sangat erat kaitannya dengan kadar kolesterol baik dan kadar koesterol jahat yang ada dalam darah. Sehingga ketika saya sama sekali tidak mengkonsumsi lemak justru tidak baik untuk kesehatan. Dokter menyarankan, justru kita harus bisa mensiasatinya supaya kita bisa hidup sehat. 

Perbedaan Lemak Jahat Dan Lemak Baik

Nah dari diskusi dengan dokter tersebut coba saya tuliskan apa itu lemak baik dan apa itu lemak jahat serta untung dan ruginya atau baik dan buruknya bagi tubuh kita.

Apa Itu Lemak Baik dan Lemak Buruk Serta Untung Ruginya Bagi Tubuh

Lemak baik

Singkatnya seperti ini yang saya tangkap, lemak baik adalah lemak tak jenuh dan lemak ini baik untuk kesehatan, lemak ini bisa mengurangi kadar kolestrol jahat dalam darah sehingga dengan adanya lemak baik ini pembuluh darah kita menjadi bersih. Dengan bersihnya pembuluh darah dari kolesterol jahat maka aliran darahpun akan lancar dan kita akan sehat.

Contoh lemak baik Omega3, Omega6, Omega9 atau nama lainnya asam lemak esensial.

Terus untungnya apa mengkonsumsi lemak baik ini. Seperti yang sudah saya coba tuliskan keuntungannya cukup banyak diantaranya adalah mengurangi kolestrol jahat dalam tubuh ini yang selanjutnya membuat pembuluh darah kita tidak tersumbat alirannya jika tekanan darah akan normal normal saja jika tidak terhambat.

Pungsi lain adalah membantu pelarutan berbagai vitamin, seperti vitamin A, Vitamin D, Vitamin E.
Untuk itulah ternyata tidak mengkonsumsi lemak sama sekali bukan kebaikan melainkan bisa jadi kerugian. Makanya kata dokter harus disiasati. Untuk informasi tambahan bisa dicek disini deh https://kolesterolkita.com/.

Lemak Jahat

Lemak jahat secara singkat saya bisa menuliskannya seperti ini. Lemak jahat adalah lemak jenuh dan lemak trans yang bisa merugikan tubuh kita jika jumlahnya berlebih dalam tubuh. 

Kerugian jika banyak lemak jahat dalam tubuh gambarannya seperti ini.
Namanya juga jahat tentu saja tidak baik bagi tubuh karena lemak jahat ini dapat menimbulkan kadar kolesterol jahat yang tinggi. Jika lemak baik bisa membersihkan pembuluh darah, maka lemak jahat ini malah bisa membuat pembuluh darah menjadi kotor. Jika pembuluh darah kotor, maka aliran darah tidak lancar yang menyebabkan gangguan tekanan darah dan gangguan jantung.

Contoh lemak jahat yaitu lemak yang terkandung dalam gorengan, daging berlemak, makanan ringan yang digoreng seperti keripik goreng dan lain - lain. Justru makanan - makanan yang enak seperti daging yang berlemak, bakso yang berlemak itu harus dibatasi. Ujian berat bagi saya.

Nah itulah terkait lemak dan untung ruginya lemak yang ada dalam tubuh kita. 

Selain masalah lemak yang masuk dam tubuh dan efeknya, hasil diskusi dengan dokter terkait kesehatan supaya tubuh mejadi sehat adalah harus rajinnya olahraga. Olahraganya tidak perlu diporsir paling tidak luangkan hanya 150 menit perminggu. Tidak perlu berat, sarannya terbilang mudah - mudah susah sih, perhari menyempatkan 30 menit saja. Yang penting rutin. Sesekali selingi berenang sesuaikan saja jadwalnya nanti akan terlihat juga manfaat renang bagi tubuh

Dengan kombinasi makanan yang dikonsumsi dan olahraga yang teratur kata dokter kesehatan akan membaik. Jika kesehatan membaik bekerja juga jadi lebih baik. Percayalah.

Demikian semoga kisah saya hari ini semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Ketahui Perbedaan Lemak Jahat Dan Lemak Baik Pada Tubuh Anda"