Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membangun Relasi Bersama Pelanggan di Era Digital

Membangun Relasi Bersama Pelanggan di Era Digital

Teknologi digital yang saat ini berkembang pesat memicu banyaknya perubahan pada lini kehidupan manusia, termasuk di dalamnya lini bisnis dan ekonomi. Perusahaan saat ini berbondong-bondong untuk mengubah sistem bisnis mereka menjadi semakin digital. 

Transformasi digital ini memberikan dampak besar pada fenomena di mana banyak perusahaan yang mempersiapkan strategi bisnis mereka secara digital dengan tujuan untuk meningkatkan customer experience atau pengalaman pelanggan.

Untuk meningkatkan pengalaman pada sisi pelanggan, tentunya perlu dilakukan beberapa prosedur yang sesuai agar goals yang dimiliki oleh perusahaan dapat terwujud. Salah satu prosedur atau taktik yang dapat diaplikasikan adalah dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas komunikasi dengan pelanggan. Kegiatan berkomunikasi dengan pelanggan ini nantinya dapat melahirkan relasi positif dan saling menguntungkan antara perusahaan dengan pelanggan.

Adapun aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam membangun relasi dengan pelanggan lewat kegiatan komunikasi adalah sebagai berikut.

1. Mengutamakan Hubungan dengan Pelanggan

Karena pelanggan umumnya bersifat individu, maka dari itu membangun hubungan yang bersifat personal dengan pelanggan harus menjadi konsentrasi utama sebuah perusahaan. Hal itu harus dilakukan terlepas sebesar apa perusahaan Anda maupun seberapa banyak pelanggan yang Anda miliki. 

Dengan mengutamakan hubungan yang bersifat pribadi dengan pelanggan, Anda dapat meningkatkan kualitas hubungan yang dimiliki dengan pelanggan sehingga kepuasan pelanggan Anda akan semakin mudah terpenuhi dan membuatnya menjadi pelanggan setia Anda.

2. Memetakan Customer Journey

Pada saat menggunakan produk Anda, pelanggan tentunya akan memiliki pengalaman tersendiri seperti saat ingin memberikan testimoni positif terkait produk maupun melaporkan masalah yang dihadapi terkait produk. Tugas Anda adalah memetakan keseluruhan perjalanan pelanggan Anda dengan tujuan untuk semakin kenal dengan pelanggan Anda. Cara ini tentunya akan sangat berguna untuk membangun relasi yang baik dengan pelanggan.

3. Selalu Dengarkan Apa yang Dikatakan oleh Pelanggan

Masukan dan umpan balik dari pelanggan tentunya sangat diperlukan demi peningkatan kualitas produk Anda. Namun, Anda seharusnya tidak hanya mendengarkan apa yang disampaikan secara langsung oleh pelanggan kepada Anda. Anda juga harus dapat mengetahui bagaimana pendapat pelanggan yang tidak disampaikan secara langsung terkait produk maupun perusahaan Anda. Cara ini bisa anda lakukan dengan menganalisis sentimen pelanggan maupun masyarakat di media sosial yang berkaitan dengan perusahaan maupun produk Anda.

4. Menciptakan Proses Komunikasi yang Lancar

Proses komunikasi yang lancar adalah kunci utama membangun relasi dengan pelanggan. Maka dari itu, Anda harus dapat menyediakan platform yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk berinteraksi dengan Anda. Dengan adanya platform yang terintegrasi, resiko terjadinya pelanggan memperoleh informasi yang berbeda terkait produk akan semakin berkurang. Selain itu, Anda juga dapat membagikan satu informasi kepada seluruh pelanggan Anda secara bersamaan. 

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, membangun relasi dengan pelanggan lewat kegiatan komunikasi perlu dilakukan agar kita dapat memperoleh loyal customer. Ini perlu dilakukan agar perusahaan Anda dapat tetap existing di tengah pasar yang persaingannya semakin meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Telkom Indonesia kini hadir dengan layanan Chatbot yang menyediakan solusi komunikasi real time yang dapat Anda gunakan untuk kegiatan broadcast informasi melalui komunikasi suara (voice), SMS, email dan messaging menggunakan platform WhatsApp. Dengan Chatbot, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam membagikan pesan kepada seluruh pelanggan Anda secara bersamaan. Segera dapatkan layanan Chatbot dari Telkom dengan cara klik di sini

Posting Komentar untuk "Membangun Relasi Bersama Pelanggan di Era Digital"