Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaruh Positif Bermain Games Bagi Orang Dewasa


Bermain games dapat dilakukan oleh siapa saja baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Setiap games didesain untuk kelompok tertentu dan dengan tingkat kesulitan yang telah disesuaikan. Permainan atau games sudah ada sejak zaman dahulu, ketika belum ada teknologi manusia menciptakan permainan tradisional menggunakan bahan dan alat yang mudah ditemukan di sekitar tempat tinggal mereka. Seiring berkembangnya waktu dan teknologi yang mulai mendominasi industri games, terdapat berbagai pilihan dan jenis dari games. Terdapat games yang berhubungan dengan olahraga, games yang hanya dimainkan via ponsel,desktop, dan yang menggunakan console. Salah satu perusahaan yang sukses berkembang di dunia games console adalah Sony Interactive Entertainment dengan console Playstation. 

Selain Sony Interactive Entertainment, terdapat satu perusahaan lagi yang sukses berkecimpung di industri games. Nintendo terus berkembang hingga mereka mulai terkenal dengan produk Gameboy nya pada tahun 1989, tepat 12 tahun sejak pertama kali mereka memasarkan produk. Pada tahun 2017 yang lalu, Nintendo kembali hadir dengan produk mutakhirnya yaitu Nintendo Switch. Nintendo Switch memiliki tiga jenis dan salah satu dari ketiga jenis tersebut digemari oleh orang dewasa. Mereka menggunakan switch tidak hanya untuk bermain games, melainkan juga untuk berolahraga karena Nintendo menjual console yang mendukung penggunanya untuk berolahraga secara terpisah. 

Hal-hal di atas adalah bukti bahwa game tidak hanya ditujukan untuk anak kecil, melainkan juga untuk orang dewasa. Bahkan berdasarkan penelitian terbaru, bermain games juga memiliki efek positif bagi orang dewasa. Beberapa efek positif tersebut adalah:


1. Menghilangkan stress

Orang dewasa dikenal dengan segudang aktivitasnya. Mulai dari bekerja, mengurus anak, mengurus rumah tangga dan aktivitas berat lainnya. Aktivitas tersebut yang dilakukan secara berulang meningkatkan peluang terjadinya kejenuhan. Jenuh juga menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami stress.Bermain games menjadi salah satu pilihan sebagai penghilang atau aktivitas yang dapat mengatasi stress. 


2. Meningkatkan fungsi otak

Dengan bermain games, otak akan berpikir bagaimana cara untuk memenangkan games tersebut. Hal tersebut akan menstimulasi otak untuk membuat serangkaian strategi untuk menang. Otak akan bekerja dan aliran darah dari atau ke otak akan berjalan lancar, sehingga fungsi otak akan bekerja dengan maksimal.


3. Meningkatkan daya fokus

Fokus manusia berada di pikiran. Jika pikirannya terganggu maka manusia cenderung lebih sulit untuk fokus. Dengan bermain games, orak manusia akan tertuju pada satu kegiatan yang sedang dilakukan, dan tujuan orang dalam bermain games adalah menang. Maka manusia yang bermain games harus fokus untuk memenangkan games tersebut. Dengan bermain games yang dilakukan secara teratur akan meningkatkan kemampuan fokus seseorang.


4. Melatih mental 

Mental manusia akan terlatih dalam bermain games. Pada permainan tentunya ada yang menang dan kalah. Manusia pada dasarnya ingin selalu menang, namun ketika bermain games mereka memiliki peluang untuk kalah. Jika kalah, mereka harus menerima kekalahan dan belajar untuk melakukan hal yang lebih baik lagi. Kekalahan tersebut akan melatih mental manusia agar bisa lebih kuat lagi.

Itulah empat pengaruh positif bermain games bagi orang dewasa. Semua hal yang dilakukan secara berlebihan tentunya tidak baik. Oleh karena itu, Anda harus dapat mengatur waktu dalam bermain agar games tersebut memiliki pengaruh yang positif. Sebagai orang dewasa tentunya dapat memilih games yang sesuai dengan keinginan dan dengan harga yang terjangkau. Telkom Indonesia memiliki platform bermain games tanpa console dengan harga yang sangat terjangkau. Layanan ini diberi nama GameqQoo, GameQoo sangat cocok untuk orang dewasa yang gemar bermain games. Gunakan GameQoo sekarang dan rasakan sensasi bermain games yang berbeda!


Posting Komentar untuk "Pengaruh Positif Bermain Games Bagi Orang Dewasa"