Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Nutrisi Yang Diperlukan Untuk Menunjang Kecerdasan Anak?

Tentu saja selaku orang tua ingin anaknya itu tumbuh menjadi anak yang cerdas, pintar, berbakti kepada orang tuanya dan segudang kebaikan lainnya. Termasuk saya juga dan pasti anda juga. Namun ketika kita melihat masyarakat sekitar ternyata tidak semua orang tua mengetahui, faham dan kemudian melaksakan semua hal yang berkaitan dengan asupan nutrisi yang tepat untuk anaknya. Namun yang pasti kita yakini berama bukan orang tua tidak ingin anaknya mendapatkan yang terbaik.

Banyak hal yang menjadi latar belakang mengapa orang tua pada akhirnya tidak memberikan nutrisi yang tepat kepada anaknya. Seperti karena pengetahuan orang tua yang kurang, pemahaman orang tua yang keliru, karakter anak yang tidak mau makan, lingkungan yang tidak mendukung dan banyak hal lainnya yang pada akhirnya orang tua sadar tidak sadar kurang tepat memberikan nutrisi pada anak.

Nah pada tulisan kali ini saya ingin sedikit berbagi terkait dengan apa saja sebetulnya nitrisi yang diperlukan oleh anak, khususnya anak balita. Supaya anak balita tumbuh dengan sehat dan cerdar karena nutrisi yang diberikan memang nutrisi untuk kesehatan dan nutrisi untuk kecerdasan anak.

Apa sajakah itu?

Berikut uraiannya.

Diambil dari beberapa sumber nutrisi yang diperlukan oleh anak balita paling tidak mengandung beberapa nutrisi dibawah ini.

1. Zat Besi

2. Omega 3

3. Omega 6

4. Protein

5. Vitamin

6. Glukosa


Zat Besi

Zat besi sangat bermanfaat pada tubuh balita terutama dalam hal pencegahan animea, dalam hal pendukung tumbuh kembang syaraf, medukung perkembangan kecerdasan, membangun perilaku positif, dan paling tidak akan membantu kualitas tidur balita.

Adapun zat besi bisa didapatkan dari bahan - bahan yang mudah seperti daging sapi, hati, daging kambing, telur, brokoli, bayam, tahu, tempe, kol dan masih banyak lagi.

Omega 3

Omega 3 adalah asam lemak tak jenung yang sangat menguntungkan bagi tubuh. Adapun manfaat bagi anak adalah untuk meningkatkan kecerdasan, memelihara kesehatan mata, menjaga kesehatan mental, memelihara kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh pada anak dan masih banyak manfaat lainnya.

Adapaun sumber makanan yang kaya akan omega 3 yang mudah didapatkan adalah dari makanan ikan laut seperti ikan tuna, ikan sarden, daging sapi, daging ayam, telur ayam, alpukat, bayam, kacang kedelai dan lain - lain.

Omega 6

Sepertihalnya omega 3, omega 6 pun memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh anak. Omega 6 ini sangat berperan untuk kesehatan, kekuatan, kecerdasan, membantu pencegahan penyakit kronis, mengendalikan gula darah, membantu mengurangi kolesterol jahat dan lain lain.

Adapun sumber omega 6 yang mudah didapatkan disekitar kita adalah ikan - ikan laut, minyak kenari, kacang kedelai, minyak bunga matahari, tahu, telur, brokoli, selada dan lain - lain.

Protein

Protein adalah salah satu zat gizi yang paling penting untuk mendukung anak bertumbuh dan berkembang dengan optimal di usia dini. Ini karena protein berfungsi meregenerasi sel-sel dalam tubuh anak.

Manfaat untuk anak yaitu bahwa protein merupakan sumber asam amino. Asam amino inilah yang berperan dalam pembetukan otot, tulang, darah dan organ tubuh yang lainya.

Tentu protein ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun kita juga harus memperhatikan kebutuhan yang tepat akan protein ini. Kebutuhan dasar protein untuk anak berada pada dikisaran 0,50-1,52 gram per berat badan anak.

Adapun sumber protein yang mudah didapatkan bisa berasal dari telur, daging sapi, daging ayam, tempe, tahu, kacang hijau, bayam dan masih banyak bahan disekitar kita yang mengandung protein.

Vitamin

Vitamin merupakan zat yang berpungsi untuk menunjang kinerja tubuh. Tidak semua vitamin dapat diproduksi dalam tubuh. Banyak sekali jenis vitamin yang membantu tubuh ini bekerja sebagimana mestinya. Mulai dari vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E dan lain - lain. Semua fungsinya adalah untuk menunjang kinerja tubuh supaya bisa bekerja dan berkembang dengan sangat baik.

Karena vitamin banyak jenisnya sumbernyapun berbeda - beda. Seperti Vitamin bisa didapatkan dari buah apel, atau vitamin B bisa kita dapatkan dari kuning telur, vitamin C bisa didapatkan dari buah jeruk, vitamin D cukup berjemur dipagi hari, vitamin E dari alpukat, telur dan lain - lain.

Glukosa

Glukosa bagi anak sangat penting karena berfungsi untuk membantu tumbuh kembang otak pada anak. Namun demikian jika kelebihan glukosa ini bisa menyebabkan kegemukan. Untuk itu kotrol asupan glukosa untuk anak sangat penting.

Adapun sumber utama glukosa bagi anak adalah dari nasi, karena untuk anak mungkin bubur nasi. Untuk yang manis sebaikan berikan madu atau gula merah.

Nah itulah sedikit informasi terkait nutrisi yang diperlukan untuk anak supaya anak bisa tumbuh dengan sehat dan cerdar, semoga bermanfaat.

Salam sehat selalu untuk kita semuanya.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Nutrisi Yang Diperlukan Untuk Menunjang Kecerdasan Anak?"