Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyelidikan Ilmiah Ipa

Teman - teman sekalian sekalian pernah mendapatakan pertanyaan ini tidak? Penyelidikan ilmiah ipa melibatkan sejumlah proses yang harus dilakukan apa saja dan jelaskan.

Nah disini saya ingin mencoba mebantu jawaban dari pertanyaan tersebut semoga bisa membantu teman - teman sekalian yang sedang belajar dirumah dan disekolah.

Penyelidikan Ilmiah Ipa

Penyelidikan Ilmiah Ipa meliputi beberapa hal berikut ini

1. Pengamatan

Pengamatan bisa dilakukan langsung menggunakan pancaindra, seperti melihat objek yang diamati seperti bentuk warna, mengamati suara yang tibul dari objek yang diamati. Selain dengan pancaindra melakukan pengukuran dengan  alat ukur yang sesuai termasuk kedalam pengamatan seperti mengkur berapa tingginya, berapa lebarnya, berapa beratnya dan lain - lian. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data  dan informasi. 

Keterampilan melakukan pengamatan dan mencoba menemukan hubungan-hubungan yang diamati secara sistematis sangatlah penting. Dengan keterampilan pengamatan yang baik, kamu dapat mengetahui bagaimana  mengumpulkan fakta dan menghubungkan fakta-fakta untuk membuat suatu  penafsiran atau kesimpulan. Keterampilan ini juga merupakan keterampilan  belajar sepanjang hayat yang dapat digunakan bukan saja untuk mempelajar.

2. Membuat Inferensi

Maksud dari membuat inferensi adalah merumuskan penjelasan berdasarkan  pengamatan. Penjelasan ini digunakan  untuk menemukan pola-pola atau  hubungan antaraspek yang diamati  dan membuat perkiraan. Sebagai cotoh sedehana, misalkan objek yang diamati berwarna gelap ketika disinari cahaya suhunya lebih cepat naik. Ata contoh lain misalkan benda dengan ukuran lebih kecil ketika di timbang ternyata beratnya lebih kecil dan lain - lain.

3. Mengomunikasikan

Nah yang terakhir adalah mengomunikasikan hasil penyelidikan. Mengomunikasikan hasil penyelidikan  baik lisan maupun tulisan. Hal yang  dikomunikasikan termasuk data yang  disajikan dalam bentuk tabel, grafik,  bagan, dan gambar yang relevan.
Mengomunikasikan penyelidikan yang baik akan memberikan pemahaman yang akurat kepada yang diberi informasi.


Demikian teman - teman yang bisa saya bagikan pada tulisan ini, semoga membantu. Jika ingin menambahkan silahkan pada kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Penyelidikan Ilmiah Ipa"