Cara Memegang Lembing Dalam Olahraga Lempar Lembing Dilengkapi Dengan Gambar

Cara Memegang Lembing Dalam Olahraga Lempar Lembing Dilengkapi Dengan Gambar - MaoliOka. Dalam olah raga lempar lembing, cara memegang lembing yang baik dan benar bisa jadi memudahkan kita dalam melontarkan lembing. Begitupun sebaliknya jika cara memegang lembing dalam posisi salah, maka akan sangat menyulitkan dalam melontarkan lembing dengan maximal.
Untuk itu MaoliOka ingin berbagi tentang cara memegang lembing pada bagiannya nanti akan dilengkapi dengan gambar untuk memudahkan pengamatan.


Simak info olahraga lainnya Cara memegang bet pada olahraga tenis meja

Cara Memegang Lembing


Tujuannya untuk memegang lembing dengan kuat dan nyaman. Lembing terletak secara diagonal di tangan. Telapak tangan menghadap ke atas dan tangan memegang lembing dalam keadaan rilex.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini dan simak penjelasan di bawahnya


1. Pegangan dengan ibu jari dan telunjuk

Cara Finlandia: Pertama lembing diletakkan pada telapak tangan dengan ujung atau mata lembing serong hampir menuju arah badan. Kemudian jari tengah memegang tepian atau pangkal ujung dari tali bagian belakang (dilingkarkan, dibantu dengan ibu jari diletakkan pada tepi belakang dari pegangan dan pada badan lembing. Jari telunjuk harus lemas ke belakang membantu menahan badan lembing. Sedangkan jari-jari yang lainnya turut memegang lilitan pegangan di atasnya dalam keadaan lemas. Dengan cara Finlandia ini, jari tengah dan ibu jari yang memegang peranan penting untuk mendorong talipegangan pada saat melempar.

2. Pegangan dengan ibu jari dan jari-jari tengah

Cara Amerika: Pertama lembing diletakkan pada telapak tangan, dengan ujung atau mata lembing serong hampir menuju kearah badan. Kemudian jari telunjuk memegang tepian atau pangkal dari ujung tali bagian belakang lembing, dibantu dengan ibu jari diletakkan pada tepi belakang dari pegangan dan pada badan lembing serta dalam keadaan lurus. Sedangkan ketiga jari lainya berimpit dan renggang dengan jari telunjuk turut membantu dan menutupi lilitan tali lembing. Jadi dengan pegangan cara Amerika ini jari telunjuk dan ibu jari memegang peranan mendorong tali pegangan lembing pada saat melempar

3. Pegangan dengan telunjuk dan jari-jari tengah

Cara Menjepit: Caranya hanya menjepitkan lembing diantara dua jari tengah dan jari telunjuk, sedangkan jari jari lainnya memegang biasa. 

Kesalahan yang sering terjadi ketika memegang lembing adalah tidak memegang dengan cara yang baik dan nyaman, pegangan kurang kuat, dan tidak diikuti gerak lanjut. Bayangkan dan lakukanlah keterampilan yang sesuai dengan tujuan gerak dari lempar lembing tersebut. Usahakan untuk menghindari kesalahankesalahan yang sering terjadi.

Silahkan bisa disimak beberapa vidio berikut ini untuk lebih bisa membayangkan cara memegang lembing yang baik.







Demikian yang bisa MaoliOka bagikan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel