Prosedur Merangkai Gerak Tari Kreasi

Langsung saja supaya tidak panjang lembar, dari buku yang telah dibuat oleh Hawkins (2003) dalam buku yang berjudul Creating through the Dance langkah atau Prosedur Merangkai Gerak Tari Kreasi adalah sebagai berikut :

1. Eksplorasi

Eksplorasi yaitu pengalaman melakukan penjajakan gerak, untuk menghasilkan teknik gerak. Pada kegiatan ini kamu dipersilahkan untuk berimajinasi dan melakukan penafsiran gerak terhadap apa yang telah dilihat dan didengar. Kamu dapat bebas bergerak mengikuti kata hati, mengikuti imajinasi/daya hayal, dan menafsirkannya ke dalam bentuk gerak.

Simak juga Tehnik Gerakan Dasar Dalam Tari dilengkapi Gambar

2. Improvisasi

Improvisasi yaitu pengalaman secara spontanitas mencoba atau mencari kemungkinan teknik gerak yang telah diperoleh pada waktu eksplorasi. Dari setiap teknik gerak yang dihasilkan pada waktu eksplorasi/pencarian gerak, selanjutnya dikembangkan dari aspek tenaga, ruang, dan waktu sehingga menghasilkan teknik gerak yang sangat banyak.

3. Evaluasi

Evaluasi yaitu pengalaman untuk menilai dan menyeleksi teknik gerak yang telah dihasilkan pada tahap improvisasi. Dalam kegiatan ini kalian mulai menyeleksi dengan cara membuat teknik gerak yang tidak sesuai dan memilih teknik gerak yang sesuai dengan gagasannya. Hasil inilah yang akan digarap oleh kalian pada tahap komposisi tari.

4. Komposisi

Komposisi yaitu tujuan akhir mencari gerak untuk selanjutnya membentuk tari dari gerak yang kamu temukan.

Demikian Yang Bisa Saya Bagikan Semoga Bermanfaat.

Macam Macam Gerakan Tangan

Posting Komentar untuk "Prosedur Merangkai Gerak Tari Kreasi"