Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Sekaligus Kekurangan Yang Dimiliki Internet Serat Optik

Kelebihan Sekaligus Kekurangan Yang Dimiliki Internet Serat Optik. Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa internet fiber memiliki banyak kelebihan dibanding teknologi komunikasi lainnya. Kelebihan tersebut tampak dari transmisi data yang super cepat, dapat mentransmisikan data dalam radius yang jauh meskipun tanpa penguat sinyal, tahan terhadap cuaca maupun karat, memiliki ukuran yang kecil dan fleksibel, tidak mengalami gangguan oleh gelombang elektromagnetik, tidak berisiko mengalami konsleting listrik, serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena minim distorsi. 

kelebihan fiber optik

Kekurangan Koneksi Internet Dengan Teknologi Serat Optik

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki tersebut, teknologi ini masih tidak lepas dari kekurangan. Diantara kekurangan tersebut adalah dari segi biaya pemasangan dan pemeliharaan yang lebih tinggi, hal ini dikarenakan teknologi ini membutuhkan jalur diantara dua titik, membutuhkan kabel dan peralatan transmisi, serta rentan terkena masalah karena penggunaan kabel fisik. Dari segi proses perbaikan yang lebih susah, karena kecepatan data yang dikirim tidak mampu menyamai kecepatan cahaya dan waktu yang dibutuhkan untuk menerima perintah kemudian mengirimkan jawabannya lebih tinggi dengan latency 8,01 mikrodetik per mil. 

Kekurangan tersebut tentu tidak sebanding dengan kelebihan yang dimiliki yang mana kelebihan utama teknologi ini terletak pada sistem keamanannya, karena sinyal jaringan dikirimkan melalui udara sehingga terhindar dari terjadinya ancaman penyadapan maupun koneksi-koneksi yang illegal. Jadi anda tak perlu mengkhawatirkan koneksi internet anda diretas. Teknologi ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan utamanya sebagai backbone pada jaringan telekomunikasi yang menghubungkan jaringan antar pulau, antar kantor cabang, gedung dan lainnya. 

Mempertimbangkan dari segi kelebihan yang dimiliki teknologi fiber optik, IndiHome turut menggunakan teknologi ini dalam rangka memberikan akses internet bagus untuk masyarakat luas. Kami memberikan pelayanan internet super cepat yang tidak akan terganggu oleh cuaca sekalipun. Layanan yang tersedia diantaranya paket triple play yang terdiri dari internet rumah, telepon rumah dan TV interkatif serta paket dual play yang terdiri dari internet rumah dan telepon rumah atau internet rumah dan TV interaktif. 

Menggunakan paket IndiHome fiber ini anda dapat mengakses internet tanpa gangguan, anda juga bisa melakukan download game seru seperti game sepak bola, game perang maupun game-game online kesukaan anda. Akses internet yang cepat juga akan membuat anda betah tinggal di rumah selama pandemi ini. 


Posting Komentar untuk "Kelebihan Sekaligus Kekurangan Yang Dimiliki Internet Serat Optik"