Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Leasing Mobil Baru? Simak Tips Kelola Uang di Sini!

Leasing mobil baru menjadi salah satu alternatif untuk siapapun yang ingin sekali beli mobil namun terkendala dengan finansial. Jika Anda berpikir untuk membeli mobil dan secara finansial masih kurang, maka ada beberapa hal yang perlu dikelola dengan baik. Membeli kendaraan bisa menjadi salah satu pembelian paling mahal yang pernah Anda lakukan setelah rumah.

Selain itu, mobil juga menjadi aset Anda yang paling berharga berikutnya. Pada dasarnya, membeli mobil bukan keputusan yang bisa dianggap enteng! Pastikan Anda melakukan riset, dan tentukan apakah pilihan yang tepat untuk dilakukan sebelum memutuskan leasing.

Tips Kelola Finansial Saat Ingin Ajukan Leasing Mobil Baru

1. Perbaiki Anggaran Keuangan Anda 

Langkah pertama dan terpenting saat merencanakan pembelian mobil adalah menentukan berapa banyak yang dapat Anda belanjakan. Meskipun Anda mungkin memperhatikan mobil tertentu dan ingin sekali membelinya, namun Anda tidak dapat membawanya pulang kecuali jika keuangan Anda sudah mencukupi.

Menurut aturan praktis, total pengeluaran untuk biaya kepemilikan mobil termasuk biaya bahan bakar, premi asuransi, biaya perawatan, dan lainnya yang harus diatur dalam rumah tangga adalah 25% dari total pendapatan bulanan. 

Angka tersebut wajib diperhitungkan dan jika belum ada, maka Anda harus membenahi anggaran supaya tidak menghambat pembayaran tagihan, tabungan, dan pengeluaran rutin lainnya.

2. Tentukan Jenis Mobil Yang Anda Inginkan 

Saat memutuskan ingin leasing mobil baru, maka Anda harus memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan, keadaan, gaya hidup, dan selera Anda. Buatlah daftar fitur dan spesifikasi mobil yang Anda inginkan seperti tempat duduk, kenyamanan, kemudahan, performa, dan fitur keselamatan.
 
Anda juga harus memutuskan apakah Anda ingin memilih mobil dengan mesin diesel atau bensin. Catat mobil yang dibutuhkan berdasarkan anggaran Anda serta preferensi mobil lama atau baru, Anda harus mempersempitnya menjadi beberapa merek dan model mobil. Selanjutnya, Anda dapat membuat daftar fitur tambahan yang ingin Anda miliki di mobil Anda seperti sunroof, sistem suara surround, dll.

3. Periksa Nilai Jual Kembali Mobil 

Dalam hal nilai jual kembali, beberapa mobil mungkin lebih unggul dari yang lain karena mesin yang bertenaga, efisiensi bahan bakar yang lebih baik, dan popularitas merek manufaktur. Selain itu, karena perawatan mobil merupakan salah satu perhatian terbesar bagi pembeli, mobil yang memiliki lebih banyak pusat layanan dan ketersediaan suku cadang yang lebih baik biasanya memiliki nilai jual kembali yang lebih besar. 

Jadi, ketika Anda ingin membeli mobil, Anda harus memeriksa nilai jual kembali untuk skema terburuk jika Anda harus menjualnya selama krisis keuangan atau hanya ingin upgrade di lain waktu.

4. Lakukan Penelitian Harga Secara Menyeluruh 

Harga Eceran yang Disarankan Pabrikan atau SRP adalah jumlah yang dibayarkan dealer kepada pabrikan untuk mobil tertentu. Informasi ini berguna saat Anda merundingkan harga mobil dengan dealer. Oleh karena itu, pastikan Anda mencatat SRP dan harga faktur mobil yang telah Anda pilih dari internet. 

Disarankan untuk memilih mobil yang harganya 5% lebih murah dari anggaran bulanan yang Anda tentukan. Cara ini akan memungkinkan Anda untuk menutupi biaya tambahan yang berkaitan dengan mobil. Meskipun harga yang disebutkan di situs web pihak ketiga mungkin tidak akurat, namun hal ini dapat membantu Anda mendapatkan gambaran umum tentang harga sebenarnya.

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh kebanyakan orang saat mengajukan pinjaman mobil adalah tidak mengelola keuangannya dengan bijak. Nah, Anda yang mungkin ingin ajukan leasing mobil baru dengan harga terbaik, cobalah beli di SEVA! 

Platform dari Astra Financial ini menyediakan banyak mobil baru yang bisa disesuaikan pada anggaran Anda. Fitur Instant Approvalnya juga memudahkan Anda untuk pilih skema pembayarannya. Unduh SEVA, yuk!




Posting Komentar untuk "Ingin Leasing Mobil Baru? Simak Tips Kelola Uang di Sini!"