Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gitar Listrik dan Aksesorisnya

cara bermain gitar
Gitar Listrik Image by Fixabay

Apa itu gitar listrik?

Gitar listrik merupakan salah satu instrument alat musik yang banyak digunakan dalam pentas musik. Gitar listrik atau biasa disebut  gitar elektrik menggunakan beberapa pickup untuk mengubah bunyi atau getaran dari string gitar menjadi arus elektrik dibantu  seperangkat amplifier dan pengeras suara. Gitar listrik harus menggunakan pick untuk memetik dan menghasilkan suara.

Aksesoris Gitar Listrik

Aksesoris gitar listrik tergolong cukup banyak. Apa saja? Aksesoris dari gitar listrik di antaranya senar, case, pick, strap, stand dan hanger, screeching halt, capo, string winder, slide, dan tuner. Pastinya Anda tidak perlu terburu-buru membeli semua perlengkapan tersebut, khususnya bagi pemula. Nah, mari bahas lebih lanjut tentang aksesoris untuk gitar listrik dan apa saja masing-masing fungsinya berikut daftarnya.

Senar Gitar 

Senar, tentu kita semua tahu apa fungsi utama senar ini. Yang perlu diketahui, senar gitar listrik dengan gitar akustik berbeda terutama dari bahan bakunya.

Senar gitar listrik berkualitas terbuat dari nikel ataupun dari stinless stell sedangkan senar gitar akustik terbuat dari bahan nilon. 

Strap Gitar

Strap berguna untuk menggantung gitar pada tubuh. Karena rata-rata gitar jenis listrik dimainkan dengan gerakan yang kencang, tidak seperti gitar jenis akustik, Anda butuh strap agar gitar lebih mudah dimainkan dan tidak jatuh. Kemudian ada slide yang dipakai di jari manis atau kelingking. Lebih sering digunakan saat membawakan lagu country, jazz, dan blues yang memang membutuhkan suara gitar lebih tajam atau memainkannya secara slide. Tuner, menjadi satu aksesoris yang rasanya wajib. Kenapa? Karena fungsinya yang sebagai pengatur ritme dan pitch pada gitar. Rekomendasi dalam memilih aksesoris gitar listrik di pasaran, pilih Alat Musik Yamaha karena kualitasnya sudah terjamin.

Cara Memainkan Gitar Listrik Untuk Pemula

Berdasarkan artikel di wikihow mengenai cara memainkan alat musik ini adalah sebagai berikut:

Setel gitar Anda dengan benar

Setel gitar dengan benar, bila kamu seorang pemula bisa meminta arahan dari senior atau ahli yang berpengalaman yaitu gitaris. Menyetel gitar dengan baik akan sangat berpengaruh pada kualitas latihan yang dilakukan.

Dengar dan ulangi

Jangan takut salah ya, ketika belajar gitar silahkan lakukan berulang lagu yang kamu mainkan sampai kamu benar-benar merasa sudah bisa memainkannya dengan benar.
Campurkan bagian yang sulit dengan yang mudah dalam sesi latihan Anda.

Pada sesi latihan tentunya ada tantangan dimana kamu menemukan kemudahan dan kesulitan, pada saat menemukan kesulitan gak perlu dipaksakan. Lakukan relaksasi dengan memainkan lagu-lagu yang mudah dihapalkan setelah mood nya baik cobalah ulangi hal yang sulit tadi sampai kamu bisa menemukan kenyamanan dalam belajar.

Pelajari musik

Mempelajari musik tentunya dimulai dari kesukaan ataupun bisa dari bakat. Jangan mudah bosan cukup nikmati saja prosesnya

Berkumpul dengan teman satu hobi

Dengan berkumpul dengan teman-teman komunitas satu hobi musik akan memudahkan kamu belajar lebih cepat. Dari satu komunitas itu biasanya selalu sharing mengenai cara bermain gitar lebih cepat dan menyenangkan.

Gitaris Ternama di Dunia

Jimi Hendrix,  merupakan salah satu gitaris ternama di dunia ia berasal dari Amerika Serikat. Lahir tahun 1942. Jimi menjadi salah satu legenda gitaris di dunia yang dikenal hingga saat ini.
Guthrie Govan, gitaris asal Inggris yang lahir pada 1971. Pada tahun 2016, Guthrie manggung bersama gitaris legendaris Joe Satriani dan Steve Vai untuk tour erofa. 

Joe Satriani, merupakan gitaris ternama di dunia yang juga merupakan salah seorang guru gitar. Bahkan salah satu muridnya menjadi gitaris yang juga tersohor yaitu Steve Vai.

Demikian sekilas mengenai gitar listrik dan aksesorisnya yang mudah-mudahan bisa membantu kawan-kawan dalam belajar gitar.

Posting Komentar untuk "Gitar Listrik dan Aksesorisnya"